128 Negara Anggota PBB Tolak Keputusan Trump Soal Yerusalem

128 Negara Anggota PBB Tolak Keputusan Trump Soal Yerusalem

128 Negara Anggota PBB Tolak Keputusan Trump Soal Yerusalem

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggelar sidang terkait keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sidang tersebut digelar di New York pada Kamis (21/12) waktu setempat.

Dalam sidang tersebut dilakukan pemungutan suara terkait keputusan Trump. Hasilnya sebanyak 128 negara mendukung resolusi Majelis Umum PBB untuk menarik kembali keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Sedangkan sembilan lainnya menentang dan 35 negara abstain serta dan 21 negara absen tidak datang dalam voting.

Rapat sidang dewan keamanan PBB

Sebagian besar negara penerima bantuan dari AS justru mendukung resolusi. Sebut saja Afghanistan, Mesir, Yordania, Pakistan, Nigeria, Ethiopia, Tanzania, dan Afrika Selatan, adalah sedikit dari sekutu AS yang menentang keputusan Trump soal Yerusalem.

Dari negara-negara besar yang abstain adalah Australia, Argentina, dan Kanada. Sementara negara anggota Dewan Keamanan lainnya seperti China, Rusia, Inggris, dan Prancis, ramai-ramai menentang Amerika dan mendukung resolusi.

Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan voting ini adalah kemenangan bukan hanya untuk rakyat Palestina, tapi bagi PBB dan hukum internasional. Dia mengatakan Nikki Haley “gagal dengan menyedihkan” dengan hanya berhasil membujuk tujuh negara -selain AS dan Israel- untuk menentang resolusi.

“Dan mereka menggunakan taktik yang tidak terduga, tidak pernah dikenal sebelumnya dalam dunia diplomatik, termasuk memeras dan menyuap,” ujar Mansour, dikutip dari Associated Press.

Meski demikian, resolusi yang diadopsi berdasarkan hasil voting dalam sidang tersebut bersifat tak mengikat. Tidak ada sanksi yang dapat diberikan PBB terhadap negara yang menyalahi isi resolusi.

Terlepas dari resolusi tersebut, AS bersikeras akan memindahkan kedutaan besar mereka untuk Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem. Mereka bahkan mencatat negara mana saja yang menentang keputusan mereka.

Senada dengan AS sekutunya, Israel juga menggertak bahwa mereka tak ambil pusing atas hasil voting Perserikatan Bangsa-bangsa.

 

 

Baca juga : Baca Ini, Apa Sanggup Kita Boikot Produk Israel dan Amerika?

 

 

Sumber berita 128 Negara Anggota PBB Tolak Keputusan Trump Soal Yerusalem kumparan.com