Nasional

AKBP Syamsi : dokter FL dengan FPI Sudah Berdamai, dokter FL Tidak Terancam Keselamatannya

AKBP Syamsi : dokter FL dengan FPI  Sudah Berdamai, dokter FL Tidak Terancam Keselamatannya

Surat pernyataan antara dokter FL dan FPI

Sebuah pesan berantai berisi cerita seorang dokter berinisial FL yang diduga diintimidasi sebuah ormas, beredar. Disebutkan, FL yang berdomisili di Solok, Sumbar, diintimidasi karena tulisan di akun Facebooknya. Polisi memastikan tidak ada intimidasi kepada si dokter. Hanya penyampaian protes atas postingan itu yang berujung permintaan maaf dari dokter FL.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat, AKBP Syamsi mengatakan pesan berantai yang viral tersebut tidak seluruhnya sesuai dengan kenyataan. Benar dokter FL mendapat protes dari satu ormas karena status Facebooknya, namun protes tersebut tak sampai mengancam keselamatan dokter FL.

“Ibu Kapolres dengan Kasat Intel tadi sudah konferensi pers. Jadi kejadiannya itu bermula tanggal 22 (Mei 2017, red), waktu postingan. Kemudian ada pihak FPI melihat postingan itu. Kemudian pihak FPI itu mendatangi ibu dokter ini,” ujar Syamsi kepada detikcom, melalui sambungan telepon, Sabtu (27/5/2017).

“Jadi awalnya itu FPI merasa tersinggung atau tidak berkenan dengan postingan itu karena menyangkut ulama besar mereka, jadi FPI yang merasa keberatan karena menyangkut tentang Habib Rizieq,” imbuh dia.

Syamsi menjelaskan semula perwakilan FPI Provinsi Sumatera Barat yang hendak melayangkan protes. Namun setelah berkoordinasi dengan perwakilan FPI Kota Solok, akhirnya pihak FPI Kota Solok yang menemui dokter FL.

“Pertama itu tadinya yang mau datang FPI (tingkat, red) provinsi. Tetapi FPI Solok Kota menyampaikan sudah tidak usah, biar FPI perwakilan Solok Kota saja (yang menyelesaikan permasalahannya, red). Jadi pihak FPI yang di Solok Kota itu akhirnya dipertemukannya dengan ibu dokter,” terang Samsi.

Pertemuan tersebut dimediasi kepolisian dan dihadiri oleh kepala rumah sakit tempat dokter FL bekerja dan perwakilan Kementerian Agama Kota Solok. Syamsi menegaskan bahwa cerita di pesan berantai yang mengatakan dokter FL mengunggah permintaan maafnya dua kali di Facebook, tidak benar. Dokter FL hanya sekali mengadakan pertemuan dan tidak mengunggahnya di Facebook.

“Yang hadir di pertemuan ini kepala rumah sakit, ibu dokter sendiri, ormas-ormas, serta perwakilan Kementerian Agama Solok Kota. Jadi tidak ada permintaan maaf di facebook. Jadi difasilitasi, langsung dipertemukan, dimusyawarahkan,” jelas Syamsi.

Syamsi melanjutkan, pertemuan antar beberapa pihak tersebut menghasilkan perdamaian antara dokter FL dengan perwakilan FPI yang memprotes status Facebooknya. Perjanjian perdamaian tersebut kemudian diketik, dimateraikan dan ditandatangani kedua belah pihak.

“Sehingga dituangkan lah dalam perjanjian tadi, surat permintaan maaf itu, yang dituangkan dalam surat, ditandatangani di atas materai. Kemudian ada kata sepakat permintaan maaf,” ucap Samsi.

Syamsi juga menyampaikan ada orang tak bertanggungjawab yang memanfaatkan situasi ini dan mengarang cerita tentang intimidasi dokter FL. Cerita itulah yang menjadi viral dan beredar di masyarakat.

“Kemudian hari berikutnya ada postingan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab, ini belum tahu siapa pihak-pihak tertentu yang mengatakan ibu itu diintimidasi, diteror. Postingan itulah yang tidak betul,” kata Samsi.

Polisi, imbuh Syamsi, sudah mengonfirmasi langsung pada dokter FL terkait status berisi seolah-olah curahan hatinya. Polisi sempat menawarkan pengamanan jika dokter FL merasa keselamatan keluarganya terancam. Namun doker FL menolak karena tidak merasa terancam.

“Ibu itu tidak membuat postingan itu. Sebenarnya setelah ada kata sepakat perdamaian, sudah selesai itu (masalah, red). Tapi karena muncul lagi postingan itu,viral-lah di media sosial,” ujar Syamsi.

Sementara itu Juru Bicara FPI Slamet Ma’arif menyatakan belum menerima informasi terkait kejadian di Solok tersebut. “Maaf ana belum dapat info lengkap kawan,” tutur Slamet, Sabtu (27/5).

 

Baca juga : Geger! Dokter Fiera Lovita Diancam FPI, Tolong Dibantu Ibu dan 2 Anaknya

 

 

 

Sumber berita AKBP Syamsi : dokter FL dengan FPI  Sudah Berdamai, dokter FL Tidak Terancam Keselamatannya : detik

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago