Akibat Meningitis di Nigeria Korban Jiwa Bertambah Hingga 813

Akibat Meningitis di Nigeria Korban Jiwa Bertambah Hingga 813

Akibat Meningitis di Nigeria Korban Jiwa Bertambah Hingga 813

Menteri Kesehatan Nigeria Isaac Adewole mengatakan pemerintah setempat telah sepakat menyisir rumah-rumah warga di Nigeria untuk meminimalisir jumlah korban jiwa akibat Meningitis.

Korban jiwa akibat wabah meningitis di Nigeria terus bertambah. Sepanjang tahun ini, setidaknya 813 orang meninggal dunia akibat penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang tersebut.

“Untuk mengidentifikasi orang-orang yang menderita meningitis, lalu divaksinasi dan diberikan perawatan,” ujar Adewole dilansir Reuters, Rabu (26/4).

Vaksin Meningitis
Vaksin Meningitis

Berdasarkan data dari Nigeria Center for Disease Control (NCDC), Afrika Barat pada bulan April telah menggencarkan kampanye vaksinasi massal sebagai bagian dari tanggap darurat terhadap wabah Meningitis.

Jumlah korban jiwa akibat Meningitis tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang menewaskan 33 orang. Namun pada 2009, jumlah warga yang meninggal jauh lebih mengerikan, mencapai lebih dari dua ribu jiwa.

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang biasanya ditularkan melalui air liur.

Layanan kesehatan yang terbatas di sejumlah wilayah pedesaan di Nigeria adalah salah satu penyebabnya. Sebagian besar orang bertahan hidup dengan biaya kurang dari 2 dolar AS per hari.

 

Sumber Berita Akibat Meningitis di Nigeria Korban Jiwa Bertambah Hingga 813 : Kumparan.com