Internasional

Amerika Balas Petisi MUI: Keputusan Trump Soal Yerusalem Tak Berubah

Amerika Balas Petisi MUI: Keputusan Trump Soal Yerusalem Tak Berubah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerima surat balasan dari Amerika Serikat terkait petisi yang mereka kirimkan beberapa waktu yang lalu. Petisi tersebut berisi soal kecaman terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Secara substansi, tetap Amerika tidak mau mengubah atau menarik keputusan Presiden Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel,” ucap Ketua Bidang Hubungan Internasional MUI, Muhidin Junaidi di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

Muhidin mengaku dirinya yang ditugaskan oleh MUI untuk menyerahkan petisi tersebut pada beberapa waktu yang lalu dan diterima oleh Kuasa Usaha Kedutaan Ameria di Indonensia.

“Namun sangat disayangakan itu bukan ditandatangani oleh Presiden Amerika, tapi ditandantanggani oleh pejabat tinggi Gedung Putih dan Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat,” tuturnya.

Melihat isi balasan Amerika itu, Muhidin menyatakan MUI akan melakukan rapat pimpinan untuk membahas langkah agar Jaksa Agung di Amerika Serikat dapat menekan Trump untuk mencabut keputusannya soal Yerussalem.

“Opsi terbaik adalah pertama melakukan lobi-lobi. Kedua, juga minta pada Jaksa Agung Amerika agar menekan Presiden Donald Trump supaya mencabut atau mengubah keputusannya,” ujarnya.

Dia optimistis langkah itu bisa dilakukan, karena sejarah pernah mencatat, keputusan Presiden Amerika ada yang pernah dibatalkan.

“Karena dari pengalaman 83% eksekutif order yang dikeluarkan Presiden Amerika itu agak susah dibatalkan tapi bisa diubah. Berarti 17% bisa diubah,” imbuhnya.

Muhidin melanjutkan, hingga saat ini masyarakat Indonesia tidak akan takut meskipun Trump mengancam akan menghentikan mengirim bantuan ke negara yang mengecam keputusannya itu, termasuk Indonesia.

“Kami ingin menyatakan di sini bahwa Indonesia tidak akan takut, tidak merasa dikucilkan dengan pernyataan Presiden Donald Trump. Bahkan sebaliknya, kami menganggap bahwa sikap tersebut adalah energi baru bagi kami umat Islam indonesia meningkatkan solidaritas dan persatuan umat Islam,” tuturnya.

Voting PBB untuk Yerusalem, Indonesia Pilih Menentang Donald Trump

Pemerintah Indonesia menegaskan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Dian Triansyah Djani.

Berpidato di mimbar PBB pada voting mendukung resolusi yang menentang klaim Yerusalem ibu kota Israel oleh Donald Trump, Dian mengatakan Amerika Serikat telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sepanjang pidatonya, Dian menggunakan bahasa Inggris. Namun ada satu kalimat yang disampaikannya dalam bahasa Indonesia dan itu menggambarkan sikap negara ini sejak dulu:

“Indonesia tidak akan pernah mundur sejengkal pun dalam perjuangan kemerdekaan Palestina”

 

 

Baca juga : Petisi Aksi Bela Palestina, Evaluasi Investasi AS akan Ada Pengangguran Baru Dong

 

 

Sumber berita Amerika Balas Petisi MUI: Keputusan Trump Soal Yerusalem Tak Berubah  : kumparan.com

 

 

Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago