Amien Rais: KPK Sudah agak Kelewatan, Memang Harus Dibatasi

Amien Rais: KPK Sudah agak Kelewatan, Memang Harus Dibatasi

Amien Rais: KPK Sudah agak Kelewatan, Memang Harus Dibatasi

Mantan Ketua MPR Amien Rais menyindir beberapa pernyataan Pansus Angket KPK yang berjanji tak melemahkan KPK dengan hak angket. Menurutnya, KPK sudah lemah dari dulu karena tak mampu menyelesaikan kasus korupsi besar.

“Beda saya dengan teman-teman. Kalau teman-teman jangan tanya, jangan lemahkan KPK, saya ketawa. Apakah KPK itu kuat? Kalau kuat, BLBI sudah selesai, Hambalang sudah selesai. Kalau kuat, Century selesai, Sumber Waras selesai,” kata Amien di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

“Jadi KPK itu lemah. Jangan katakan lemahkan KPK, memang wong sudah lemah kok,” ucapnya.

Amien lalu menjelaskan lebih lanjut soal kelemahan KPK. KPK dikatakan hanya tegas pada kasus korupsi kecil.

“Jadi kelemahan KPK sudah titik jenuh. Kalau dia kuat, itu semua kasus sudah selesai. Ini kan OTT Rp 10 juta, Rp 400 juta, disegel kantor DPRD Mojekorto, ini kan lemah,” ucap Amien.

Dia juga menyinggung status KPK sebagai lembaga ad hoc. Menurutnya, sudah saatnya KPK dibatasi karena bekerja di luar batas.

“Menurut saya, KPK yang selama ini yang sebagai ad hoc, yang sudah agak kelewatan, memang harus dibatasi,” ujarnya.

Amien Rais hadir dalam rapat dengan Pansus Angket

Hal-hal ini disampaikan Amien saat datang ke gedung DPR untuk beraudiensi dengan Pansus Angket KPK. Namun audiensi itu akhirnya ditunda dan Amien hendak menyelesaikan makalah soal KPK.

“Saya guru besar di bidang politik ya. Saya maaf, saya tidak sombong. Sombong nggak boleh ya. Saya di (Universitas) Gadjah Mada, ke Chicago dulu, pernah jadi Ketua MPR, saya tahu negeri ini, masak saya diam saja. Jadi tanggung jawab moral saya sebagai warga negara saya sampaikan. Cuma momentumnya lebih tepat beberapa hari lagi dan ini Pak Setnov jadi tersangka. Jangan-jangan saya dianggap mainkan kartu di mana saya. This is my own, this is my perspectivethis is my conclusion tentang KPK itu,” kata Amien.

 

Baca juga : Dituding Terlibat e-KTP, Pansus Angket Minta Agus Rahardjo Mundur

 

 

Sumber berita Amien Rais: KPK Sudah agak Kelewatan, Memang Harus Dibatasi : detik