Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu, GNR: Cuti Dong Bro Kalo Kampanye

Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu, GNR: Cuti Dong Bro Kalo Kampanye

Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu, GNR: Cuti Dong Bro Kalo Kampanye

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan sekelompok orang yang menamakan diri Garda Nasional Untuk Rakyat (GNR) ke Bawaslu. Anies dituding melanggar UU Pemilu karena mengacungkan dua jari saat Konfrensi Nasional Partai Gerindra di Sentul Jawa Barat, Senin (17/12).

Presidium GNR Agung Wibowo Hadi mula-mula mempertanyakan kehadiran Anies di jam kerja dalam forum pada, Senin (17/12) itu. Agung menilai sebagai kepala daerah Anies harusnya menjalankan tugasnya memimpin DKI Jakarta.

“Di hari Senin, harusnya dia berada di kantor, tapi dia ke Sentul untuk menghadiri konfrensi Gerindra. Saat itu dia mengacungkan simbol dua jari sebagaimana diketahui simbol tersebut milik capres nomor 2,” kata Agung di Bawaslu RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/12).

GNR Laporkan Anies Baswedan karena Acungkan 2 Jari saat jam dinas

Agung menuding Anies melanggar Pasal 281 ayat 1 tentang Pemilu. Dalam pelaporannya, GNR membawa barang bukti berupa video orasi Anies dan softcopy berita di sejumlah media massa.

“Bukti video kita bawa, screenshot media kita bawa,” ucapnya.

Agung membedakan konteks simbol dua jari saat Anies bersama The Jakmania dengan konfrensi Gerindra. Ia menyebut saat bersama The Jakmania, statusnya sebagai kepala daerah yang bersama rakyat.

“Beda halnya dia mengacungkan jari saat bersama Jakmania, itu konteksnya beda,” imbuhnya.

Oleh karena itu, GNR berharap Bawaslu memanggil Anies Baswedan untuk memberikan teguran sehingga insiden yang sama tidak terulang.

Sebelumnya, Anies memang mengacungkan dua jari –simbol Prabowo-Sandi– saat memberi sambutan di forum Prabowo-Sandi. Namun, Anies sudah mengajukan izin kepada Kemendagri untuk hadir di acara itu, namun bukan cuti kampanye.

“Pak Anies sudah mengajukan izin untuk memenuhi undangan Gerindra dalam kapasitas sebagai Gubernur DKI,” kata Sumarsono saat dihubungi, Selasa, (18/12).

Dalam konferensi nasional Gerindra, Anies menyampaikan doanya kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang akan berlaga di Pilpres 2019. Anies berharap kemenangannya saat berpasangan dengan Sandi di Jakarta bisa terulang di Pilpres 2019.

“Dua tahun yang lalu kita berkumpul di Jakarta, dua tahun lalu kita mulai gerakan perubahan, dua tahun lalu yang lalu pesimisme dihempaskan pada kita. Alhamdulillah kerja keras kerja ikhlas telah tuntas mengantarkan kemenangan pada kita di Jakarta,” ungkap Anies.

 

 

Baca juga : Kemendagri Nilai Kesalahan Anies Acungkan 2 Jari Tanda Kampanye

 

 

Sumber berita Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu, GNR: Cuti Dong Bro Kalo Kampanye : kumparan.com