Apa Komentar Bank Indonesia Mengenai DP Rumah 0 Persen?

Apa Komentar Bank Indonesia Mengenai DP Rumah 0 Persen?

Apa Komentar Bank Indonesia Mengenai DP Rumah 0 Persen?

Bank Indonesia (BI) tidak mau banyak komentar terkait Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen.

Seperti diketahui, DP nol persen adalah salah satu program pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang unggul dalam hitung cepat Pilkada DKI putaran kedua.

“Saya tidak mau komentar. Regulasi (loan to value/LTV untuk pembiayaan properti) tetap berlaku,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (14/4/2017).

Meski sempat menyampaikan bahwa DP nol persen menyalahi aturan LTV untuk pembiayaan properti, BI mengatakan program tersebut bisa saja dijalankan.

“Kalau dijamin pemerintah bisa saja. Tapi saya belum bisa diberikan informasi lebih,” kata Tirta.

Bos Lippo Group Siap Realisasikan Program DP Rumah 0 Persen

Sebelumnya, Direktur Lippo Group, John Riady menyampaikan siap bekerja sama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan program DP rumah nol persen.

“Implementasi seperti apa belum tahu, itu Pak Gubernur yang lebih tahu. Tetapi apa yang bisa kami bantu, kami siap bekerja sama sebagai developer juga,” papar John disela-sela acara Indonesia Summit 2017.

John mengaku, sebagai pengusaha dirinya tertarik dengan program tersebut, karena akan meningkatkan daya beli masyarakat terhadap kepemilikan rumah.

“Kalau ada program yang bisa meningkatkan daya beli masyarakat, itu buat kita baik sekali dan kita akan mendukung,” jelas John.

Menurutnya, dengan adanya program tersebut maka akan mendorong masyarakat memiliki aset dalam bentuk rumah.

“Saya percaya bahwa alangkah baiknya lebih banyak lagi orang Indonesia yang memiliki rumah. Rumah itu sebuah aset, dan aset memberdayakan si orang itu, tujuannya baik sekali dan harus kita dukung,” kata John.

Saat ini Lippo belum berkomunikasi dengan Gubernur DKI terpilih guna membahas program kepemilikan rumah dengan DP nol persen.

“Kemarin baru terpilih, jadi belum ada komunikasi secara khusus untuk ini. Mungkin nanti hari ke depan silaturahmi memberi selamat, dan minta masukan di mana yang bisa kerja sama,” ungkap John.

Untuk merealisasikan program tersebut, pemerintah provinsi DKI Jakarta bisa menggunakan opsi menggunakan lahan milik pemerintah DKI Jakarta, agar mengurangi biaya dan harga jual rumah.

 

 

Sumber berita Apa Komentar Bank Indonesia Mengenai DP Rumah 0 Persen? : kompas.com