Cekoki Kuda Nil dengan Anggur Merah, Taman Safari akan Tindak Tegas

Cekoki Kuda Nil dengan Anggur Merah, Taman Safari akan Tindak Tegas

Cekoki Kuda Nil dengan Anggur Merah, Taman Safari akan Tindak Tegas

Pihak Taman Safari Indonesia (TSI) angkat bicara terkait viral video remaja mencekoki hewan di Taman Safari, Bogor, dengan minuman diduga beralkohol jenis anggur merah. Mereka akan mengambil tindakan tegas.

TSI mengungkapkan hal tersebut dalam pernyataan mereka, Rabu (15/11/2017). Pernyataan ini juga diunggah di berbagai akun media sosial resmi TSI.

Pihak TSI berterima kasih kepada para netizen yang peduli dan mendukung keamanan satwa mereka. Manajemen TSI telah melakukan penelusuran dan menyebut kasus itu terjadi pada Selasa (14/11) kemarin.

“TSI sangat kecewa atas kejadian tersebut dan akan menindak tegas segala perbuatan yang membahayakan keselamatan satwa,” tegas manajemen TSI.

Berikut ini pernyataan lengkapnya:

TSI berterima kasih kepada teman-teman social media (netizen) yang peduli dan mendukung keamanan satwa di TSI, telah terjadi perbuatan tidak menyenangkan pada hari Selasa, 14 November 2017 di Taman Safari Bogor yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap satwa di TSI.

TSI sangat kecewa atas kejadian tersebut dan akan menindak tegas segala perbuatan yang membahayakan keselamatan satwa.

Kejadian ini merupakan pelajaran berharga bagi kita semua, dan Taman Safari Indonesia ke depannya akan mengeluarkan kebijakan pencegahan lainnya agar kejadian serupa tidak terulang. Keselamatan dan kesehatan satwa merupakan kepentingan terbesar dari TSI tanpa mengurangi hak-hak pengunjung. Namun upaya pencegahan dari kami tentunya harus mendapat dukungan dari para pengunjung, dengan bersama-sama menjaga keasrian lingkungan dan kesehatan serta keselamatan satwa.

Bogor, 15 November 2017
Manajemen TSI

Video yang viral ini disebut berasal dari Instastory pemilik akun Instagram @alyccaaa dan @philipbiondi. Di video tampak ada sekelompok remaja pria dan wanita dalam sebuah mobil di kawasan Taman Safari, Bogor.

Di video pertama, terlihat seseorang yang seolah hendak memberikan wortel ke rusa/kijang, namun ternyata dia malah mencoba memasukkan minuman diduga beralkohol ke dalam mulut hewan tersebut.

Di video kedua, terlihat seseorang menyemprotkan minuman dari dalam botol kaca berwarna merah tersebut ke dalam mulut seekor kuda nil yang sedang menganga. ‘Jackpot’. Demikian tulisan dalam video itu.

Para remaja yang kerap disebut ‘kids zaman now’ ini tampak senang melakukan aksinya. Mereka tertawa cekikikan di dalam mobil. Terdengar ada suara yang menyebut bahwa minuman tersebut adalah anggur merah.

Di video itu juga ada hashtag #caporangtua, yang merupakan merek salah satu minuman beralkohol. Tag lokasi di video itu juga terlihat berada di Taman Safari, Bogor.

Ketua aktivis Animal Defender Indonesia Doni Herdaru mengecam perilaku para remaja ini yang dinilai sangat tidak patut. Dia mengatakan perilaku ini dapat diancam pidana.

“Dua perilaku ini sangat mungkin dijadikan pembelajaran keras buat mereka. Mereka bersenang-senang dengan melakukan hal yang sangat tidak patut dan dapat diancam pidana,” kata Doni lewat akun Instagram-nya @doniherdaru.

detikcom mencoba melihat akun Instagram @alyccaaa dan @philipbiondi, yang disebut mengunggah video ini. Namun akun mereka di-private alias digembok, hanya bisa dilihat dengan persetujuan pertemanan dari si pemilik akun.

 

 

Baca juga : Paman Gendut dari Thailand Dipaksa Jalani Diet Karena Obesitas

 

 

Sumber berita Cekoki Kuda Nil dengan Anggur Merah, Taman Safari akan Tindak Tegas : detik.com