Dahnil Anzar dan Fadli Zon Penyebar Pertama Info Hoaks Ratna Sarumpaet

Dahnil Anzar dan Fadli Zon Penyebar Pertama Info Hoaks Ratna Sarumpaet

Dahnil Anzar dan Fadli Zon Penyebar Pertama Info Hoaks Ratna Sarumpaet

Penyidik Polda Metro Jaya AKP Niko Purba mengaku mengetahui informasi terkait penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet melalui media online Tribunnews.com dan Jawapos.com.

Menurut Niko, berdasarkan pemberitaan Jawa Pos, Dahnil Anzar membenarkan bahwa Ratna dianiaya. Juga dari pemberitaan Tribunnews.com, Fadli Zon membenarkan Ratna jadi korban penganiayaan.

Niko dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks oleh terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

“Saudara melihat foto yang viral itu dari media apa saja?” tanya ketua majelis hakim Joni. “Terkait pemberitaan pada saat itu saya melihat dari Tribunnews dan Jawa Pos, berita online,” jawab Niko.

“Saat membaca atau melihat berita itu, tentu ada statement. Statement-nya apa itu?” tanya Joni.

“Kalau Jawa Pos seingat saya, statement-nya Dahnil Anzar membenarkan Ibu Ratna sebagai korban penganiayaan. Kalau Tribunnews adanya statement Fadli Zon yang membenarkan juga Ibu Ratna sebagai korban penganiayaan,” jawab Niko.

Fadli Zon Nyatakan Ratna Sarumpaet Dianiaya,

Adapun sidang kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet memasuki persidangan kelima di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan hari ini.

Agenda sidang hari ini adalah pemeriksaan saksi yang diajukan tim jaksa.

Jaksa menghadirkan enam saksi, terdiri dari tiga saksi dari pihak kepolisian dan tiga saksi dari pihak RS Bina Estetika.

Saksi dari pihak kepolisian adalah AKP Niko Purba, Mada Dimas, dan Arief Rahman. Sementara saksi dari pihak rumah sakit adalah dr Sidik Setiamihardja, dr Desak, dan perawat Aloysius.

Selasa pekan lalu, majelis hakim menolak eksepsi atau nota keberatan yang dilayangkan kuasa hukum Ratna atas dakwaan jaksa.

Menurut Joni, surat dakwaan jaksa telah disusun secara cermat, jelas, dan lengkap sehingga dapat dijadikan dasar pemeriksaan lebih lanjut atas perkara tersebut.

Ratna didakwa dengan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana. Jaksa juga mendakwa Ratna dengan Pasal 28 Ayat (2) jo Pasal 45A Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dahnil Anzar soal hoax Ratna Sarumpaet

 

 

Baca juga : Ratna Sarumpaet Soal Oplas: Saya Cantik dari Lahir, Hanya Sedot Lemak

 

 

Sumber berita Dahnil Anzar dan Fadli Zon Penyebar Pertama Info Hoaks Ratna Sarumpaet : kompas