Fahri: Serem, Pak Jokowi Percaya Betul dengan Projo Ketimbang Partai

Fahri: Serem, Pak Jokowi Percaya Betul dengan Projo Ketimbang Partai

Fahri: Serem, Pak Jokowi Percaya Betul dengan Projo Ketimbang Partai

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik langkah Presiden Joko Widodo yang menkosolidasi relawannya untuk bersiap menghadapi Pilpres 2019. Bagi Fahri, sikap Jokowi itu menandakan bahwa dia lebih mempercayai mesin non-partai ketimbang partai.

“Tapi agak serem sebenarnya karena Presiden mengatakan yang non-partai, Projo, ini silakan berkampanye. Kenapa saya bilang serem, karena Pak Jokowi itu percaya betul dengan armada non-partai,” ujar Fahri di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9).

Padahal, Jokowi tak lain adalah kader PDI Perjuangan. Namun pada praktiknya Fahri menilai Jokowi cenderung lebih percaya terhadap kerja politik para relawannya, untuk mensukseskan pencalonan di Pilpres 2019.

Sambutan Jokowi di Rakernas III Projo

Salah satu bukti nyata adalah ketika Jokowi lebih memilih hadir di acara Projo daripada acara Parlemen sedunia yang diselenggarakan di Bali.

“Pertemuan parlemen sedunia, Presiden enggak nampak, menteri enggak nampak, tapi ke Projo datang dan itu tadi disuruh kampanye. Jadi saya kira Pak Jokowi ini mulai memanaskan mesin non-partainya,” kritiknya.

Tak hanya itu, Fahri mencermati apa yang dikatakan Jokowi memiliki muatan politis yaitu ketika menyuruh para menteri kabinet kerja untuk tidak berkampanye, tetapi di lain pihak Presiden menyuruh relawannya untuk berkampanye.

“Itu menginsyaratkan banyak hal ya, kalimat-kalimat itu agak bersayap. Misalnya berarti partai-partai relatif ya terutama yang punya kader di kementerian itu diminta secara profesional untuk tetap bekerja, tidak perlu melayani tugas partai. Tetapi mendorong relawan (kampanye),” pungkasnya.

Sebelumnya Jokowi memberi pengarahan dalam Rakernas III Pro-Jokowi (Projo). Jokowi mengingatkan bahwa tahun depan memasuki tahun politik.

“Projo ini kalau saya ke daerah, pasti yang paling militan. Militan itu kalau ada apa-apa pasti ada,” kata Jokowi dalam pembukaan Rakernas III Projo di Sport Mall, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (4/9/2017).

“Tahun depan sudah masuk tahun politik, rame-ramenya lebih kenceng, tapi saya sampaikan ke para menteri semua fokus saja pada pekerjaan, kerja, karena pemerintah kerja untuk rakyat. Jangan-jangan, belum-belum sudah mau kampanye, nggak usah!” ujar Jokowi.

“Yang kampanye bagiannya Projo, bener nggak? Saya ngurusi kerja saja, bener nggak? Karena banyak hal yang belum kita selesaikan, terutama bagian infrastruktur,” ungkap Jokowi, disambut tepuk tangan.

https://www.youtube.com/watch?v=Yn0reE9TU_0

 

 

Baca juga : Jokowi Tunjukkan Capaian Kerja Didepan Relawan Jelang Pilpres 2019

 

 

Sumber berita Fahri: Serem, Pak Jokowi Percaya Betul dengan Projo Ketimbang Partai : kumparan