Heboh Video Surat Suara di Malaysia Sudah Tercoblos Jokowi-Ma’ruf

Heboh Video Surat Suara di Malaysia Sudah Tercoblos Jokowi-Ma'ruf

Heboh Video Surat Suara di Malaysia Sudah Tercoblos Jokowi-Ma’ruf

Bawaslu membenarkan video soal temuan surat suara yang sudah tercoblos untuk paslon 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, di Selangor, Malaysia. Buntutnya, Bawaslu meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh wilayah Malaysia.

Video berdurasi lima menit yang diterima Bawaslu memperlihatkan surat suara yang tercoblos itu disimpan dalam sebuah rumah toko (ruko) tak berpenghuni. Tak hanya sudah tercoblos untuk 01, video itu juga menampakkan surat suara untuk pemilihan legislatif (pileg) DPR RI tercoblos untuk caleg bernama Achmad dari Partai NasDem dengan nomor urut 03. Namun, belum diketahui secara pasti kapan video itu diambil.

“Jadi kami harap KPU membatalkan pemungutan Malaysia hari ini sampai tanggal 14, kami harap dibatalkan, kalau enggak, kami akan duduki Kedutaan Besar Malaysia,” ujar salah seorang pria dalam video tersebut.

Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar, sudah menindaklanjuti temuan itu. “Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) LN (Luar Negeri) Kuala Lumpur sebagai penemu, kita well informed. Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia sementara sampai semua jelas,” kata Fritz saat dikonfirmasi, Kamis (11/4).

Dalam jadwal KPU disebutkan bahwa pemungutan suara untuk Pilpres 2019 di luar negeri dengan sistem TPS sudah berlangsung sejak 8 April 2019. Sementara, untuk Malaysia, dijadwalkan pemungutan suara pada 14 April 2019.

 

KPU belum bisa membenarkan apalagi menjelaskan temuan itu karena belum mengetahui secara detail. “Kita sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya kepada Pokja PPLN,” tegas Ilham.

Sementara mengenai permintaan Bawaslu untuk menghentikan sementara pemungutan suara di malaysia, KPU belum menerima permintaan itu secara resmi.

“Anda dapat dari mana? Kami belum dapat (informasinya),” ucap Ilham.

“Kalau pun dapat nanti kami akan pelajari dulu. Ya kami pelajari dulu,” tegasnya.

Pemilu di luar negeri sudah dimulai sejak awal atau early voting tanggal 8-14 April. Untuk Malaysia pemilihan baru akan dilakukan pada Minggu, 14 April.

 

 

Baca juga : Kreator dan Buzzer Penyebar Hoaks Server KPU jadi Buruan Polisi

 

 

Sumber berita Heboh Video Surat Suara di Malaysia Sudah Tercoblos Jokowi-Ma’ruf : kumparan