Ini 28 Calon Komisioner Komnas HAM yang Lolos Seleksi Tahap III

Ini 28 Calon Komisioner Komnas HAM yang Lolos Seleksi Tahap III

Ini 28 Calon Komisioner Komnas HAM yang Lolos Seleksi Tahap III

Pansel Komisioner Komnas HAM menentukan 28 nama dari 60 nama yang lolos seleksi tahap I, tahap II dan tahap III. Ketua Pansel Komnas HAM Jimly Asshiddiqie mengatakan mereka terpilih berdasarkan beberapa kriteria.

“Pansel telah melakukan penilaian, kejelasan visi dan misi, pemahaman substansi HAM, pengetahuan lembaga Komnas HAM, pengalaman, kepekaan isu HAM, keberpihakan terhadap NKRI, dan kemampuan komunikasi. Ada 4 hal kalau disingkatkan yaitu soal kompetensi, kapasitas, integritas dan independensi,” kata Jimly di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/7).

Dia mengatakan untuk penentuan kriteria itu Pansel telah melakukan diskusi dengan pelbagai pihak, mulai dari LSM hingga lembaga resmi seperti MA, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, dan PPATK. Mereka kemudian juga ikut memberi masukan tentang penilaiannya terhadap nama para calon komisioner Komnas HAM.

Ketua Pansel Komnas HAM Jimly Assiddiqie (Foto: Nadia Riso/kumparan)

Wakil Ketua Pansel, Harkristuti Harkriswono, menjelaskan masukan dari berbagai pihak itu menjadi bahan pertimbangan khususnya mengenai nama-nama calon yang disinyalir berafiliasi dengan organisasi radikal.

Dia memastikan 28 nama yang lolos kali ini telah bebas dari kemungkinan afiliasi dengan organisasi radikal.

“Dilaporkan ada 9 nama yang berafiliasi (dengan organisasi radikal). Kita sudah perimbangkan. Yang berafiliasi parpol juga (sudah dipertimbangkan). Yang 28 ini kesimpulannya yang sudah kita pilih terbebas dari yang tadi ditakutkan itu. Begitu pula integritas dan kapasitasnya. 28 ini belum sempurna juga,” tutur Tuti.

28 calon yang lolos hingga seleksi tahap III terdiri dari 23 laki-laki dan 5 perempuan. Adapun latar belakang mereka yakni 14 orang dari LSM; 7 orang dari Komnas HAM, Komnas Perempuan serta Komnas Perwakilan; 4 orang dari akademisi dan peneliti; 1 orang pengacara; 1 orang anggota TNI; dan 1 orang dari birokrat.

Nama ke-28 calon itu:

1. Ahmad T Damanik (Dosen FISIP USU)
2. Amirudin
3. Anggara
4. Antonio Pradjasto
5. Arimbi Herupoetri (Komnas Perempuan)
6. Bahrul Fuad (Peneliti)
7. Beka Ulung
8. Bunyan Saptomo (Birokrat)
9. Choirul Anam
10. Dedy Askari (Komnas HAM Sulawesi Tengah)
11. Fadillah
12. FX Rudy Gunawan
13. Hafid Abbas (Birokrat)
14. Hairansyah (KPU)
15. Haris Azhar
16. Imadudin Rahmat (Komnas HAM/Birokrat)
17. Jones Manurung
18. Judhariksawan (Dosen Unhas)
19. Munafrizal Manan (Dosen Al-Azhar Jakarta)
20. Norman
21. Nur Ismanto (Advokat)
22. Raffendi Djamin
23. Roichatul (Komnas HAM/Birokrat)
24. Sandra Moniaga (Komnas HAM/Birokrat)
25. Sondang Frishka (Komnas Perempuan)
26. Sri Lestari (Dosen)
27. Sudarto
28. Sumedi (Purnawirawan TNI)

Kini, masih ada dua tahap seleksi lagi yang harus diikuti 28 calon Komisioner Komnas HAM ini. Tahap selanjutnya yaitu tes psikotes dan kesehatan yang akan dilaksanakan pada 17-18 Juli di Sekretariat Kemenkum HAM. Kemudian wawancara terbuka pada 19-21 Juli di gedung MK.

 

Baca juga : Komnas HAM Nyatakan Kasus Rizieq Shihab Bukan Kriminalisasi Ulama

 

 

Sumber berita Ini 28 Calon Komisioner Komnas HAM yang Lolos Seleksi Tahap III : kumparan