Ini Jawaban Anies Tanggapi Leonardo DiCaprio soal Sampah Bantar Gebang

Ini Jawaban Anies Tanggapi Leonardo DiCaprio soal Sampah Bantar Gebang

Ini Jawaban Anies Tanggapi Leonardo DiCaprio soal Sampah Bantar Gebang

Aktor pemenang Oscar yang juga aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio, menyoroti sampah di Bantar Gebang, Bekasi, yang dihasilkan dari 15 juta orang yang tinggal di Jakarta.

Terutama masalah sampah plastik yang disoroti pemeran ‘Titanic’ itu lantaran Indonesia menjadi penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia yaitu 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun, yang lebih dari 1 juta tonnya bocor ke laut.

Merespons hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menilai semua orang sudah tahu soal sampah Bantar Gebang yang berasal dari Jakarta, sebelum diposting Leonardo di Instagramnya beberapa hari lalu.

“Memang iya menumpuk, itu semua barang yang sudah semua orang tahu. Jadi dia tidak menemukan barang yang baru. Itu barang yang kita semua tahu. Sudah terjadi bertahun-tahun,” ucap Anies di Pulau Pramuka, Jakarta, Jumat (22/3).

Aktor juga Aktivis Lingkungan Leonardo DiCaprio

“Menurut saya aneh ini, kalau ada orang asing yang ngomong baru ramai kita ini. Padahal itu fakta yang dari dulu kita tahu. Sebelum itu jadi gubernur juga sudah ada tumpukan di tempat itu.”

Anies Baswedan.

Meski begitu, Anies menyadari perlu penanganan. Nah, Pemprov DKI sudah mengupayakan dengan membangun fasilitas pengolahan sampah atau intermediate treatment facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara pada tahun lalu. ITF bisa mengubah 2.200 ton sampah per hari jadi 35 megawatt listrik.

“Apa yang kita lakukan sekarang? Yang kita lakukan sekarang adalah membangun ITF, sudah bangun satu nih dalam proses. Kita insyaallah akan bangun 3-4 lagi. Sesudah itu terbangun maka sampah kita akan diolah jadi energi,” paparnya.

Soal lokasi pembangunan 3-4 ITF lagi, Anies masih merahasiakannya. “Enggak diumumkan sekarang, karena ini menyangkut tata ruang kita,” pungkas Anies.

Pekerja di TPST Bantar Gebang

Sebelumnya, Leonardo DiCaprio, menyoroti masalah sampah yang ada di Indonesia, melalui unggahan foto di akun Instagramnya pada 15 Maret lalu, Leo membagikan cerita tentang beberapa pria dari Desa Cikiwul di Bantar Gebang, Bekasi.

Foto itu adalah foto milik fotografer dokumenter Elisabetta Zavoli yang telah diunggah di akun Instagram @everydayclimatechange yang kemudian diunggah ulang oleh Leo di akun Instagram pribadinya.

Dalam foto tersebut tampak tiga pria sedang menangkap ikan di genangan air di wilayah Bantar Gebang, area pembuangan sampah terbesar di Indonesia.

“TPA Bantar Gebang menerima limbah dari sekitar 15 juta orang yang tinggal di Jakarta. Para pemulung mengambil sisa sampah yang dibutuhkan dan masyarakat Indonesia membutuhkan para pemulung untuk membuat material (daur ulang dari sisa sampah) ketimbang dibuang begitu saja,” tulis Leo me-regram alias mengunggah ulang caption foto dari akun Instgram @everydayclimatechange itu.

foto instagram Leonardo DiCaprio

https://www.instagram.com/p/Bu_3dHNFdgN/

https://www.instagram.com/p/Bu_3dHNFdgN/

https://www.instagram.com/p/Bu_3dHNFdgN/?utm_source=ig_embed

 

Baca juga : Leonardo Puji Susi: Pemimpin yang Berani dan Inovatif yang Dibutuhkan Seluruh Dunia

 

 

Sumber berita Ini Jawaban Anies Tanggapi Leonardo DiCaprio soal Sampah Bantar Gebang : kumparan