Jemaah di Sulawesi Selatan ini Gelar Salat Idul Fitri Hari ini

Jemaah di Sulawesi Selatan ini Gelar Salat Idul Fitri Hari ini

Jemaah di Sulawesi Selatan ini Gelar Salat Idul Fitri Hari ini

Ratusan jemaah An Nadzir melaksanakan ibadah salat Idul Fitri hari ini. Ibadah itu dilaksanakan di Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel)

Kaum pria jemaah An Nadzir identik dengan pakaian hitam, berjanggut dan rambut panjang yang sudah disemir warna kuning. Sementara kaum perempuannya, menggunakan jilbab panjang berwarna gelap dilengkapi kain cadar.

Jemaah An Nadzir di Sulsel

Prosesi salat Idul Fitri jemaah An Nadzir yang dimulai sekitar pukul 07.00 WITa,Sabtu (24/6/2017) dan dipimpin ustaz Samiruddin, yang menjadi Imam sekaligus khatib.

Ustaz Samiruddin dalam khutbahnya menjelaskan tentang akhlak Nabi Muhammad memimpin umatnya. Selain itu, Samiruddin juga menjabarkan makna Rukun Islam, yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

“Rasulullah menyampaikan awal mula Islam dianggap aneh dan asing dan suatu saat Islam akan dianggap aneh dan asing lagi. Kita di tengah-tengah masyarakat saat ini dianggap aneh, maka bergembiralah jika kau dianggap aneh, sebab saat ini umat banyak melenceng dari yang dicontohkan Nabi,” pungkas Samiruddin.

Jemaah An Nadzir di Sulsel

Jemaah An Nadzir sebelumnya memulai puasa Ramadan pada tanggal 26 Mei lalu, atau sehari lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan Menteri Agama dan ormas Islam lainnya.

Penentuan masuknya bulan Ramadan dan bulan Syawal, jemaah An Nadzir menggunakan 3 metode, yakni hisab, rukyatul hilal dan pengamatan fenomena alam, seperti mengukur tingkat pasang tertinggi air laut yang dilakukan oleh tim dari jemaah An Nadzir berjumlah 7 orang.

Jemaah An Nadzir di Sulsel

 

Baca juga : Seorang Pengendara Motor Tewas Usai Tabrak Pembatas Flyover Jembatan Lima

 

 

Sumber berita Jemaah di Sulawesi Selatan ini Gelar Salat Idul Fitri Hari ini : detik