Kapolri Tito Karnavian Terima Medali Penghargaan dari Rusia

Kapolri Tito Karnavian Terima Medali Penghargaan dari Rusia

Kapolri Tito Karnavian Terima  Medali Penghargaan dari Rusia

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menerima medali penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Rusia dalam peringatan “100 Tahun Kerja Sama Kepolisian Internasional”.

Kerja sama itu telah telah diselenggarakan sejak konferensi kepolisian pertama pada 1914 di Monaco, Prancis.

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Mikhail Y Galuzin mengatakan bahwa Tito adalah salah satu pejabat tinggi kepolisian dari negara asing yang dinilai tepat menerima medali tersebut.

Kapolri dinilai aktif berkontribusi dalam berbagai dialog dan kerja sama keamanan kedua negara.

“Saya sebagai duta besar merasa terhormat menyerahkan medali ini yang merupakan penghargaan pertama yang diterima Kapolri dari negara lain,” kata Galuzin usai acara penyematan medali kehormatan di rumah dinasnya di Jakarta, Kamis (6/4/2017), seperti dikutip Antara.

Penghargaan tersebut diberikan juga sebagai apresiasi pemerintah Rusia atas penyelenggaraan Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali tahun lalu, yang dihadiri oleh 167 dari total 192 negara PBB.

Dalam sidang tersebut Kepala Biro Pusat Interpol Nasional Kementerian Dalam Negeri Rusia Alexander Prokopchuk terpilih sebagai Wakil Presiden Interpol untuk Eropa, yang juga didukung Indonesia.

Menurut Kapolri, kerja sama bilateral antara kepolisian Indonesia dan Rusia sangat baik karena dukungan stabilnya hubungan politik dan diplomatik kedua negara bahkan saat Perang Dingin berlangsung.

Polri juga mengambil peran penting terutama dalam isu-isu internasional seperti terorisme, narkotika, perdagangan manusia, dan kejahatan siber.

“Pemerintah Rusia mengharapkan kerja sama ini terus berlanjut, termasuk pengamanan bagi warga negara Rusia yang tinggal maupun sedang berlibur di Indonesia,” kata Tito.

Pada masa mendatang, Polri berharap kerja sama keamanan dengan kepolisian Rusia semakin kuat terutama untuk menyelesaikan ancaman teroris ISIS yang berbasis di Suriah.

Selain itu, pengembangan program pelatihan bagi personnel kepolisian, pertukaran informasi dalam upaya deradikalisasi dan kontra-ideologi, serta pengembangan teknologi peralatan intelijen.

“Medali ini menjadi simbol hubungan baik antara polisi Rusia dan Indonesia, sebagai Kapolri saya akan memberikan perhatian khusus terhadap langkah-langkah untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi tentunya dengan difasilitasi oleh Dubes Rusia,” ujar Tito.

 

 

Sumber berita Kapolri Tito Karnavian Terima  Medali Penghargaan dari Rusia : kompas.com