Nasional

Kecolongan Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi, KPK Pindah Lokasi Tahanan

Kecolongan Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi, KPK Pindah Lokasi Tahanan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memindahkan lokasi penahanan Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri. Pemindahan itu dilakukan setelah Rochmadi sempat dijenguk Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah beberapa waktu lalu.

Rochmadi merupakan tersangka kasus dugaan suap pemberian opini wajar tanpa pengecualian ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dia sebelumnya ditahan di Mapolres Jakarta Timur, kini dipindah ke Rutan KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pemindahan tempat tahanan untuk Rochmadi dilakukan guna menghindari pertemuan dengan pihak-pihak lain.

“Agar lebih efektif dan meminimalisir pertemuan dengan pihak lain di luar yang berhak menurut peraturan yang berlaku,” kata Febri saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (1/6).

Febri mengungkapkan, proses pemindahan Rochmadi dilakukan semalam, Rabu (31/5). Rochmadi kini mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) cabang KPK, Kavling C1, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Febri mengatakan, pemindahan auditor utama BPK ini juga untuk memudahkan proses penyidikan kasus yang baru menjerat empat orang sebagai tersangka.

“Dilakukan pemindahan kemarin ke Rutan cabang KPK. Penahanan diperlukan untuk kebutuhan penyidikan,” tutur Febri.

Fahri Hamzah sebelumnya sempat mendatangi Mapolres Jakarta Timur ditemani Anggota DPR Masinton Pasaribu. Mereka berdua mengklaim kedatangannya untuk meninjau pelayanan di Polres Jakarta Timur selama bulan puasa. Namun disela kunjungannya Fahri belakangan kedapatan menemui Rochmadi.

(Baca juga : PESAN KPK UNTUK FAHRI HAMZAH: JANGAN CAMPURI PROSES HUKUM)

Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi

Febri telah menyatakan, bahwa pihaknya tak pernah mengeluarkan surat izin membesuk tahanan atas nama Rochmadi untuk Fahri maupun Masinton. Menurut Febri, seorang tersangka yang baru ditahan seharusnya tak boleh dibesuk oleh siapa pun.

Merujuk Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor E.22.PR.08.03 tahun 2001 tentang prosedur tetap pelaksanaan tugas pemasyarakatan, tahanan baru akan menjalani Masa Pengenalan, Pengamanan, Penelitian Lingkungan (Mapenaling). Mereka tak boleh dijenguk oleh siapa pun alias diisolasi.

Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi

“Kami tidak pernah mendapatkan permintaan izin dan memberikan izin (kepada Fahri Hamzah dan Masinton Pasaribu),” tegas Febri.

Febri juga ketika itu telah meminta Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo tak begitu saja mengizinkan pihak-pihak yang ingin menjenguk tahanan KPK, namun tanpa ada pemberitahuan dari petugas KPK. Mengingat, lanjut Febri, penitipan tahanan ini sudah ada dalam kerja sama antara KPK dan Polri

(Baca juga : ICW CURIGAI FAHRI JENGUK TERSANGKA OTT KPK TANPA IZIN, APA KEPENTINGANNYA?)

Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi

“(Kami harap) kerja sama tersebut bisa dijaga pihak pimpinan Rutan. Agar tahan KPK bisa lebih dibatas berinteraksi pihak lain ‎kecuali memang sudah sesuai aturan besuk atau jenguk,” tandasnya.

Seperti diketahui, KPK membongkar praktik dugaan suap yang dilakukan pejabat di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK dalam audit penggunaan anggaran.

Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri

Lembaga antirasuah mencokok Inspektur Jendral Kementerian Desa Sugito, pejabat Eselon III Kemendes Jarot Budi Prabowo, Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri, dan Auditor BPK Ali Sadli dalam operasi tangkap tangan terkait suap pemberian predikat WTP.

KPK mengamankan uang Rp40 juta dari tangan Rochmadi, yang diduga sebagai bagian dari janji yang disanggupi Sugito untuk predikat WTP sebesar Rp240 juta. Sementara itu, Rp200 juta sudah diberikan lebih dulu di awal Mei.

Tak hanya itu, saat menggeledah ruangan Rochmadi, penyidik KPK turut mengamankan uang Rp1,145 miliar dan US$3000 dari brankas miliknya. Mereka berempat juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap untuk mendapatkan predikat WTP

 

Sumber Berita Kecolongan Fahri Hamzah Jenguk Rochmadi, KPK Pindah Lokasi Tahanan : Cnnindonesia.com

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago