Kejutan Presiden Jokowi Jelang Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72

Kejutan Presiden Jokowi Jelang Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72

Kejutan Presiden Jokowi Jelang Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72

Jokowi dan Iriana tiba di istana merdeka pukul 08.55 WIB. Jokowi langsung berkeliling menghampiri tamu undangan yang hadir. Para tamu tampak antusias bersalaman hingga selfie bersama Presiden.

Tak hanya Jokowi, para menteri dan pejabat yang hadir juga memakai pakaian adat dari berbagai macam daerah. Sekitar 15.000 tamu undangan juga diminta untuk datang menggunakan pakaian adat. Banyak yang menggunakan adat Jawa hingga Betawi. Ada juga yang mengenakan pakaian Kalimantan hingga Papua. Namun, ada juga tamu yang memilih memakai batik atau setelan jas.

Saat waktu untuk upacara masih 1 jam lagi.di Istana Merdeka menjelang perayaan upacara detik-detik proklamasi memperingati HUT RI yang ke-72 ada fenomena yang tidak biasa. Tampak Presiden Joko Widodo berkeliling menghampiri tamu undangan dan memberikan salam.

Sepertinya ini merupakan pertama kalinya seorang presiden datang menghampiri tenda tamu undangan dan memberikan ucapan dan salam.

Tampak pula Presiden Joko Widodo menyalami Yusril Ihza Mahendra yang selama ini sering berseberangan dalam hal politik.

Ini merupakan budaya baru lagi yang dikembangkan oleh presiden Joko Widodo, setelah sebelumnya juga diadakan kirab membawa bendera duplikat dan Naskah Proklamasi dari Monas ke Istana untuk kemudian dikibarkan dan dibacakan.

Tahun ini presiden merasa perlu menyapa undangan, walaupun tidak mungkin satu persatu namun proses keliling bersalaman yang lumayan cukup memlelahkan ini dilakukan oleh seorang presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu yang berasal dari Kalimantan Selatan. Bajunya menyerupai jas berwarna hitam, ditambah kain songket dan tutup kepala. Sementara Iriana mengenakan pakaian adat Minang berwarna merah, juga lengkap dengan tutup kepalanya.

Isi undangan adalah pejabat negara, pejabat negara sahabat dan orang-orang yang berprestasi yang diapresiasi untuk bisa hadir di Istana Merdeka untuk merayakan HUT RI yang ke-72 ini dan mengikuti upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Selalu ada kejutan-kejutan baru yang fenomenal dari seorang Jokowi, dan entah kejutan apalagi yang akan terjadi ke depannya, kita tunggu saja.

https://www.facebook.com/pageKataKita/videos/1462190823872298/

 

Baca juga : Kejutan HUT ke-72 RI, SBY dan Megawati Bersua di Istana Merdeka

 

 

Sumber berita Kejutan Presiden Jokowi Jelang Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 : facebook Katakita , kompas