Nasional

Kenangan Masa Kecil Obama di Sudut Yogyakarta

Kenangan Masa Kecil Obama di Sudut Yogyakarta

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama, melanjutkan agenda liburan enam harinya ke Indonesia dengan mengunjungi Yogyakarta. Presiden ke 44 AS itu tiba di pada Rabu (28/6) siang.

Seluruh agenda Obama serta keluarganya tampak diisi dengan agenda melancong ke beberapa lokasi wisata. Namun lebih dari itu, Yogyakarta sebenarnya menyimpan kenangan yang begitu membekas baginya. Salah satu rumah di Komplek perumahan dosen Universitas Gadjah Mada di Bulaksumur. Caturtunggal, Depok, Sleman menjadi saksi kehidupan masa kecil politisi Partai Demokrat AS ini.

Rumah masa kecil Obama

Rumah putih dengan arsitektur tua bernomor D7 ini adalah tempat Obama singgah ketika berlibur ke Yogyakarta. Hampir setiap liburan sekolah, Obama beserta ayahnya Lolo Soetoro dan ibunya Ann Dunham, menginap di rumah D7 tempat rumah dinas Prof Dr Iman Sutiknyo, Guru Besar FISIPOL UGM yang juga paman Obama. Ayah tiri Obama merupakan adik kandung istri dari Prof Iman Sutiknyo.

Rumah yang kini menjadi Museum UGM masih menyisakan bekas kenangan Obama. Pendiri dan pengelola Museum UGM, Widodo S.T.P, M.Sc, berujar bahwa kenangan masa kecil Obama adalah sejarah yang patut diapresiasi. Kamar tempat Obama kecil dahulu tidur diabadikan bersanding dengan dokumen sejarah UGM lainnya.

Rumah masa kecil Obama

“Kita ada kebanggaan seorang anak kecil yang dulu wara wiri ke sini, waktu kecil masih playon (lari-lari) bermain di sekitar sini menjadi Presiden Amerika Serikat,” ujar Widodo ketika ditemui wartawan pada Rabu (28/6) di Yogyakarta.

Rumah itu adalah bagian dari kisah masa kecilnya di Indonesia selama 1967-1971. Rumah itu menjadi saksi Obama kecil tumbuh dalam kehangatan keluarga besar Sutiknyo.

“Karena rumah kakeknya berada di Lebet Benteng, Obama tidak akan terlalu leluasa. Keluarga besar Sutiknyo termasuk kakeknya tinggal di sini sehingga tentu saja Obama merasakan hangatnya tinggal bersama keluarga besar berada di sini,” tutur Widodo.

Rumah masa kecil Obama

Di dalam bangunan tersebut, masih terpasang sebuah ruangan berjudul ‘Ruang Barry’ dengan foto Obama kecil. Di dalam ruangan tersebut, terdapat meja dan kursi tua serta ranjang putih. Ruangan kerja Prof Sutiknyo itu adalah tempat Obama kecil biasa tidur.

Di sekelilingnya, terpasang foto dokumentasi keceriaan Obama bersama keluarga besar Sutiknyo. Tampak foto Obama kecil sedang bermain bersama putra-putri Sutiknyo di komplek yang menjadi bagian kampus UGM.

Meski hanya berkunjung saat liburan, Widodo berujar memori rumah D7 masih melekat dalam pikiran Obama. Momen itu terungkap pada saat Obama terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat untuk periode pertama tahun 2009.

Rumah masa kecil Obama.

“Inaugurasi pertama sebagai presiden, semua keluarga yang tinggal di D7 diundang untuk masuk ke Gedung Putih. Obama ingat sekali dengan D7, dan sempat bercita-cita berkunjung ke Yogyakarta dan mampir ke rumah ini,” ungkap Widodo.

Pihak pengelola Museum UGM berharap Obama dapat kembali pulang ke rumah D7 dalam kunjungan ke Indonesia kali ini.

Rumah masa kecil Obama.

“Kami berharap beliau sempat menyinggahi membangkitkan memori itu. Ada memori beliau, dan ruangan masih utuh seperti ketika Obama dahulu beliau ada di sini,” imbuhnya.

 

Sumber Berita Kenangan Masa Kecil Obama di Sudut Yogyakarta : Kumparan.com

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago