Nasional

Laki-laki Nyamar Jadi Perempuan Berjilbab Demi Jadi Pengemis

Laki-laki Nyamar Jadi Perempuan Berjilbab Demi Jadi Pengemis

Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan melakukan penjangkauan terhadap pengemis pria yang berpura-pura menjadi wanita berjilbab. Alasannya, orang akan lebih merasa iba terhadap wanita ketimbang pria.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin, mengatakan pengemis berpura-pura menjadi wanita ini beroperasi di kawasan lampu merah Permata Hijau, Jakarta Selatan.

“Saat kami sedang melakukan monitoring di kawasan Permata Hijau, kami lihat ia sedang beroperasi. Awalnya kami lihatnya wanita sedang mengemis, ya kami lakukan saja penjangkauan,” kat Mursidin dalam keterangannya, Jumat, (23/6).

Pengemis pria bermodus pakai jilbab

Ia menambahkan, setelah dilakukan penjangkauan, petugas kaget ternyata ia seorang pria. Ketika ditanya pun, ia bersuara layaknya pria.

Petugas menanyakan kenapa ia mengemis dengan pura-pura menjadi perempuan. Alasannya jika mengemis dengan wujud lelaki asli, orang-orang tidak ada orang yang mau memberinya uang.

“Masa laki-laki yang masih kuat gitu ngemis. para pengendara juga nanti ngetawain dia. Makanya ia berinisiatif jadi wanita berjilbab saja,” ujar Mursidin.

Pria yang kemudian diketahui bernama Nursholeh (25) inl diketahui berasal dari Lampung. Ia mengaku sebelumnya berprofesi sebagai penjual minuman di Senayan.

Namun, karena Senayan sedang direnovasi dan kondisinya juga sedang bulan puasa, jualan yang biasanya ia lakukan sepi pembeli. Sehingga Nursholeh mempunyai ide mengemis untuk menutup kebutuhannya sehari-hari.

Pengemis pria bermodus menggunakan jilbab

“Dia bilang baru mengemis dua hari. Hari pertama mendapatkan penghasilan Rp.150.000 dan hari kedua baru mendapat Rp.50.000 tapi sudah keduluan kena sama petugas,” kata Mursidin.

Sebenarnya Nursholeh sudah tahu kalau di Jakarta tidak boleh mengemis. Teman-teman sesama pedagang sebelumnya juga sudah memberi warning untuk tidak mengemis di lampu merah nanti kena petugas. Tapi dia tetap nekat.

“Apa yang dia lakukan itu sempat ditertawakan oleh sesama Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan karena aksinya menjadi perempuan itu. Tapi dia cuek saja. Menurut dia buat apa malu di Jakarta. Kalau malu nggak dapat uang,” tutur dia.

“Nursholeh yang hanya lulusan SD itu sudah berjualan minuman di Senayan lebih dari 5 tahun. Biasanya kalau habis lebaran baru pulang kampung ke Lampung. Namun sekarang dia lebaran di panti karena kami sudah membawanya ke sana,” tutup Mursidin.

 

Sumber Berita Laki-laki Nyamar Jadi Perempuan Berjilbab Demi Jadi Pengemis : Kumparan.com

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago