Maling Isi Koper di Bagasi Pesawat Sudah Diamankan, Ini Faktanya

Maling Isi Koper di Bagasi Pesawat Sudah Diamankan, Ini Faktanya

Maling Isi Koper di Bagasi Pesawat Sudah Diamankan, Ini Faktanya

Video aksi pencurian di bagasi pesawat viral di media sosial. Dalam video berdurasi 45 detik itu, terekam seorang pria mengenakan rompi hijau menyerupai petugas bandara, mengacak-acak isi tas milik penumpang yang menumpuk di dalam bagasi.

Beredar kabar peristiwa itu terjadi di salah satu bagasi pesawat maskapai penerbangan Indonesia. Namun setelah kumparan.com mengonfirmasi ke pihak Kementerian Perhubungan, pencurian itu ternyata bukan terjadi di Indonesia.

Kabag Informatika Kemenhub, Bambang Sutrisna, mengatakan insiden yang terekam di video itu terjadi di salah satu bagasi pesawat milik Maskapai Penerbangan Singapura, Jetstar Asia.

“Ini bukan di Indonesia, terkait video ini ijin sharing info agar tidak simpang siur, diteruskan laporan Dirut PT AP 2 yang langsung berkomunikasi dengan pihak Maskapai Jetstar,” ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10).

https://twitter.com/LintangChrezL/status/918826772686180352?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Fpranamya-dewati%2Fvideo-pencurian-di-bagasi-pesawat-bukan-berlokasi-di-indonesia

Bambang pun menyampaikan klarifikasi tertulis dari pihak Jetstar Asia terkait insiden itu. Pihak Jetstar Asia, kata Bambang, telah membenarkan pencurian itu terjadi di bagasi pesawat mereka saat sedang mendarat di Bandara Phuket, Thailand.

“Video yang beredar di media sosial mengenai pencurian tas penumpang di bagasi, pesawat terbang itu terjadi di Bandara Internasional Phuket dan merupakan bagian dari pengukuran keamanan kami,” ujar Pihak Jetstar.

“Jetstar tidak secara langsung mempekerjakan penanganaan bagasi di Thailand, namun menggunakan pihak ketiga, yang disebut BAGS yang menyediakan layanan untuk berbagai maskapai penerbangan di bandara Phuket,” imbuhnya.

Pihak Jetstar diketahui telah melakukan investigasi bekerja sama dengan Bandara Thailand serta kepolisian setempat untuk mengusut kasus pencurian itu. Dan pelakunya, sudah diamankan ke kantor polisi.

“Penyidik sudah ​​dikirim untuk mencatat kejadian ini, dan telah mengkoordinasikan operasi ini dengan Kepolisian Pariwisata dan pihak-pihak terkait dalam upaya menghentikan pencurian tersebut,” jelas Pihak Jetstar.

“Kami menduga bahwa klip video tersebut dikeluarkan oleh salah satu Anggota Staf Keamanan ISS, yang merupakan agen keamanan outsourcing Jetstar. p telah menangkap pelaku dan dikirim ke kantor polisi,” lanjutnya.

Sementara itu melalui keterangan tertulis, Humas AP 2 Yado Yarismano menambahkan, pihaknya menjamin kejadian pencurian itu niscaya tak akan terjadi di bandara Indonesia, khususnya di bandara-bandara yang berada di wilayah AP II.

“AP II telah melakukan perbaikan sistem penanganan bagasi penumpang, bahkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kami menampilkan secara langsung video penanganan supaya dapat dilihat langsung oleh penumpang,” jelas Yado.

 

 

Baca juga : Viral Video Maling Isi Koper Beraksi di Bagasi Pesawat Sedang Diselidiki

 

 

Sumber berita Maling Isi Koper di Bagasi Pesawat Sudah Diamankan, Ini Faktanya : kumparan