Ma’ruf Amin Sebut MUI Haramkan Golput pada Pemilu Itu Sudah dari 2014

Ma'ruf Amin Sebut MUI Haramkan Golput pada Pemilu Itu Sudah dari 2014

Ma’ruf Amin Sebut MUI Haramkan Golput pada Pemilu Itu Sudah dari 2014

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menegaskan bahwa Golput pada Pemilu 2019 adalah haram. Cawapres Ma’ruf Amin mengatakan fatwa itu sudah diluncurkan pada Ijtima’ Ulama tahun 2014 di Padang Panjang, Sumatera Barat.

“Saya kira itu sudah dari dulu. Saya sudah buatkan itu 2014 di Padang Panjang, supaya jangan membuang suara. Karena fatwa itu dimunculkan lagi karena ada isu kelompok tertentu mencoba mempengaruhi untuk itu (golput),” ujar Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (26/3/2019).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menjelaskan pertimbangan fatwa haram bagi mereka yang tidak memilih pada pemilihan umum. Menurutnya alasan MUI memunculkan fatwa itu agar setiap warga negara menggunakan hak pilihnya. Ma’ruf berkeyakinan setiap warga negara pasti memiliki pilihan yang terbaik dalam pemilu nanti.

“Kalau MUI itu supaya orang mengambil tanggung jawab, supaya bangsa ini jangan ada kemarahan, kejengkelan, ketidakpercayaan, kemudian tidak memberikan partisipasinya dalam membangun bangsa ini. Mereka kan punya akal, punya cara berfikir yang sehat. Kenapa dia tidak memilih, pilihan yang terbaik,” lanjutnya.

Dengan adanya fatwa haram bagi kaum golput, Ma’ruf menilai negara akan diuntungkan. Kepercayaan masyarakat pada pemerintah secara tidak langsung akan meningkat. Sehingga mereka yang dulunya golput akan menentukan pilihannya.

“Ya pertama tentu keuntungan untuk negara bangsa. Artinya ketika golput itu semakin sedikit, itu kepercayaan kepada sistem pemerintahan kita ada. Yang kedua tentu kita ingin mengambil manfaat. Kita siap untuk memperoleh dukungan dari mereka yang awalnya golput sekarang percaya. Kita siap untuk orang yang dipercayakan itu,” kata dia.

Mantan Rais Aam PBNU itu juga meminta kepada masyarakat untuk tidak takut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya. Menurutnya memilih pemimpin itu adalah salah satu tanggungjawab setiap warga negara.

“Ya jangan takut, jangan terpengaruh karena itu bagian tanggungjawab masing-masing warga bangsa,” tutupnya.

 

Sumber Berita Ma’ruf Amin Sebut MUI Haramkan Golput pada Pemilu Itu Sudah dari 2014: Detik.com