Nasional

Membandingkan Antara Jakmart dengan OK OCE Mart

Membandingkan Antara Jakmart dengan OK OCE Mart

Plt Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meresmikan minimarket bernama Jakmart di Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur. Toko ini mirip dengan OK OCE Mart yang pernah diresmikan Sandiga Uno di masa Pilgub DKI. Apa bedanya?

Jakmart

Jakmart merupakan toko dengan konsep minimarket yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga murah. Jakmart dikelola oleh PD Pasar Jaya (BUMD) yang merupakan bentuk intervensi pemerintah dalam menyediakan barang dengan harga murah.

Djarot resmikan Jakmart

Jakmart di Rawa Bening yang diresmikan pagi tadi bukanlah yang pertama. Sebelumnya gerai Jakmart telah dibuka di Pramuka dan Cikini. PD Pasar Jaya berencana membuka puluhan bahkan lebih Jakmart di Jakarta.

“Di 44 kecamatan, nanti akan turun di kelurahan di tingkat RW. Boleh enggak buka Jakmart? Boleh,” kata Djarot di Jatinegara, Jumat (19/5).

Di gerai-gerai Jakmart, menurut Djarot, warga bisa membeli barang kebutuhan sehari-hari dengan harga eceran tertinggi pemerintah. “Ya kalau beras harganya eceran tertingginya Rp 8.500, ya Rp 8.500, kalau gula harganya Rp 12.500 ya Rp 12.500,” kata Djarot.

Djarot resmikan Jakmart

Nah, Jakmart ini mengambil barang dari Jakgrosir yang merupakan distributor kebutuhan pokok di Jakarta. Jakgrosir sudah lama ada, sama halnya seperti Food Stasion yang khusus mendistribusikan beras.

Kepala PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, menjelaskan kehadiran Jakmart memudahkan warga tanpa harus hadir di pasar tradisional.

“Kita sudah mulai sejak dulu, termasuk Jakgrosir itu ya kapal induknya, Jakmart ini ngambil di Jakgrosir. Terpedonya itu Jakmart, perahu kecil-kecilnya Jakmart yang ada di kelurahan,” kata Djarot.

OK OCE Mart

OK OCE Mart adalah minimarket yang wujudnya sama dengan Jakmart. Namun perbedaan paling utama adalah OK OCE Mart dimiliki perseorangan, bukan Pemprov (PD Pasar Jaya) seperti Jakmart.

OK OCE Mart adalah salah satu wujud dari program OK OCE (One Kecamatan One Center for Enterpreneur) yang digagas pengusaha yang kini Cawagub DKI Terpilih, Sandiaga Uno.

Ok Oce Mart diresmikan Sandiaga Uno

OK OCE Mart berangkat dari semangat untuk menumbuhkan pengusaha, sementara Jakmart murni berangkat dari upaya pemerintah menyediakan kebutuhan bagi warga.

OK-OCE Mart baru ada satu yaitu di Jalan Cikajang 60, Jakarta Selatan, yang diresmikan oleh Sandiaga Uno saat Pilgub DKI pada Sabtu (1/4) lalu. OK OCE Mart itu dibangun dari bekas kontainer di bawah asuhan mantan timses Agus-Sylvi, Alex Asmasoebratha.

Peresmian Ok Oce Mart

Secara produk, OK OCE Mart mayoritas menjajakan produk yang sama dengan minimarket umumnya, namun ditambah dengan produk-produk hasil pengusaha OK OCE yang tentu tak ada di Jakmart. Produk OK OCE Mart, tidak memiliki jalur distribusi dengan Jakgrosir atau Food Station, meski bisa saja dari sana.

“Kita yang memulai di sini, tapi ada 44 lagi kecamatan di Jakarta yang masih terbuka untuk para simpatisan, para investor, maupun pengusaha yang ingin bermitra dengan OK-OCE Mart ini,” ujar Sandi.

Sandiaga Uno meresmikan Ok Oce Mart

Sandi menjamin bahwa harga barang yang dijual di OK-OCE Mart bisa 10 persen lebih murah dari tempat lain. Soal harga ini, untuk dibandingkan dengan Jakmart tentu perlu dilihat per produk, tak bisa dengan masing-masing klaim.

Sandi menargetkan setiap OK-OCE Mart paling tidak mempekerjakan 3 karyawan. OK-OCE Mart juga sudah mendukung sistem berbasis IT yang memungkinkan pemilik bisa memantau penjualan harian melalui smartphonenya.

Jadi, bagaimana menurutmu Jakmart dan OK OCE Mart?

 

Sumber Berita Membandingkan Antara Jakmart dengan OK OCE Mart : Kumparan.com

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago