Mencekam! Perjalanan Jokowi di Kabul Dikawal 2 Heli dan Tank Baja

Mencekam! Perjalanan Jokowi di Kabul Dikawal 2 Heli dan Tank Baja

Mencekam! Perjalanan Jokowi di Kabul Dikawal 2 Heli dan Tank Baja

Presiden Joko Widodo mendapatkan pengawalan ketat saat tiba di Kabul, Afghanistan, pada Senin (29/1). Kondisi Afghanistan saat Jokowi tiba memang tengah mencekam akibat serangan bom dan penembakan.

Jokowi dan rombongan tiba sekitar pukul 12.00 waktu setempat atau 14.30 WIB, Senin (29/1) di Bandara Internasional Hamid Karzai dari Dhaka, Bangladesh.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, perjalanan rombongan Jokowi ke Istana Presiden di Kabul sangat mendebarkan.

Jokowi Tiba di Afghanistan

“Perjalanan benar-benar mendebarkan dari airport ke Istana Presiden,” kata Pramono dalam pesan singkat kepada kumparan.

Pramono juga menjelaskan pengawalan yang ketat terhadap Jokowi yang disediakan oleh Afghanistan.

“Dikawal dua heli dan kendaraan lapis baja sepanjang jalan,” kata Pramono.

Presiden sendiri, lanjut Pramono, naik mobil Mercedes anti peluru. Saat berita ini diturunkan, Presiden Jokowi dan rombongan telah berada di Istana Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Jokowi Tiba di Afghanistan

Dalam sepekan terakhir, berbagai serangan pengeboman dan penembakan terjadi di Kabul, menewaskan lebih dari 100 orang. Menurut Pramono dalam twitnya, Minggu (28/1), banyak yang menghendaki Jokowi menunda kedatangannya.

Tapi Jokowi “tidak ada takutnya.”

Afghanistan akan jadi negara penutup tur lima negara Asia Selatan Presiden Jokowi dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, Jokowi menyambangi Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh.

Ini adalah kunjungan Presiden Indonesia ke Afghanistan pertama setelah 57 tahun. Kunjungan sebelumnya terjadi pada 1961 oleh Presiden Sukarno.

Jokowi Tiba di Afghanistan

Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, udara dingin bahkan hujan salju yang menyelimuti Kabul tidak mengurangi hangatnya penyambutan yang dilakukan pemerintah Afghanistan.

“Berturut-turut pejabat Afghanistan yang menyambut ialah Wakil Presiden Sarwar Danish, Menteri Luar Negeri Salahudin Rabbani, Menteri Keuangan Eklil Hakimi, Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani, Gubernur Kabul Mohammad Yaqoub Haidan, Walikota Kabul Abdullah Habibzal,” kata Bey dalam pernyataannya.

Lawatan Jokowi kali ini sungguh spesial. Dia merupakan Presiden Indonesia pertama dalam 57 tahun terakhir yang bertandang ke Afghanistan setelah Sukarno.

Sang pendiri bangsa melawat ke Afghanistan pada 1961. Lawatan Sukarno ke Kabul saat itu disambut meriah oleh rakyat Afghanistan.

Selain menghadiri pertemuan dengan pemimpin Afghanistan saat itu, Sukarno juga dihibur oleh dengan beberapa kesenian khas negara Asia Selatan itu.

Berbeda dengan Sukarno, lawatan Jokowi ke Kabul dilakukan di tengah penjagaan ketat aparat keamanan setempat. Pasalnya, sepanjang sepekan sebelum kunjungan, Afghanistan dihantam 4 teror besar.

 

 

Baca juga : Video Anggota DPR Pakistan Sampai Pukul-pukul Meja Saat Dengar Pidato Jokowi

 

 

Sumber berita Mencekam! Perjalanan Jokowi di Kabul Dikawal 2 Heli dan Tank Baja : kumparan.com