Misteri Suara Aneh di Langit Pantura, Ini Kata AirNav Semarang

Misteri Suara Aneh di Langit Pantura, Ini Kata AirNav Semarang

Misteri Suara Aneh di Langit Pantura, Ini Kata AirNav Semarang

Suara meraung-raung misterius di langit ternyata juga didengar oleh warga Blora, Jateng. Banyak warga di wilayah Kecamatan Cepu, Blora, Jateng yang mengaku mendengarkan suara misterius itu pada Jum’at dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Ketua tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Agung Tri, yang merupakan warga Deaa Cepu, Kecamatan Cepu mengaku sempat terbangun karena mendengar suara aneh itu.

“Di Cepu juga terdengar, sekitar pukul 01.30 dinihari. Saya dan istri dengar sendiri, keluar rumah karena penasaran, ternyata juga banyak tetangga yang dengar dan penasaran juga,” kata Agung kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Agung bercerita, suara meraung terjadi cukup lama, sekitar 15 menit. Ia menengarai hal tersebut bukanlah fenomena alam, sebab dirinya sempat menginformasikan kejadian tersebut kepada jajaran BMKG ataupun SAR, namun tidak mendapatkan respons.

“Saya tanya di grup BMKG dan SAR kok gak ada jawaban apa itu. Kemungkinan kok bukan fenomena alam, karena kalau iya pasti sudah ada respons dari jajaran,” terangnya.

Salah seorang pemilik warung kopi di taman Cepu, Lilik, juga mengaku mendengarkan suara misterius itu. Meski ia sedang di luar ruangan saat kejadian, namun ia tidak dapat memastikan suara apa itu.

“Saya pas mau tutup jualan itu, ada suara. Saya kira (arahnya) dari langit, tapi kan gelap tidak kelihatan apa-apa. Ya saya tidak tahu itu apa. Cukup keras suaranya,” terangnya.

AirNav Bicara Soal Suara Misterius di Pantura

Suara meraung yang terdengar di langit pantura Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur masih misterius. Namun AirNav Semarang memiliki dugaan dari mana asal suara tersebut.

“Menyampaikan bilamana hal tersebut diyakini baling-baling pesawat, bahwa pergerakan pesawat di wilayah udara yang di Indonesia adalah 24 jam bisa sipil atau militer,” ujar Manajer Operasional AirNav cabang Semarang, Kelik Widjanarko kepada wartawan, Jumat (14/12/2018).

Kelik menjelaskan dirinya tak bisa menyajikan data secara rinci. “Jam tersebut AirnNav Semarang sudah closed jadi kami tidak ada data,” katanya.

Meski demikian, Kelik menjelaskan data bisa didapatkan melalui operator di Jakarta. Pesawat yang terbang di wilayah Indonesia tetap terkontrol selama 24 jam.

“Untuk lebih jelasnya saya sarankan mencari informasi tersebut ke Jakarta,” imbuhnya.

BMKG Semarang sebelumnya juga memastikan jika itu bukan suara fenomena cuaca dan dimungkinkan suara pesawat berbaling-baling.

Sebelumnya warga Pekalongan dan Semarang juga mengaku mendengar suara yang sama pada waktu yang bersamaan. BMKG Semarang hingga kini juga belum bisa memastikan sumber suara, namun dipastikan bukan berasal dari fenomena alam.

Ini rekaman yang didapat saat suara itu terdengar :

 

 

Baca juga : Awan Berlafaz Allah Hebohkan Massa Reuni 212

 

 

Sumber berita Misteri Suara Aneh di Langit Pantura, Ini Kata AirNav Semarang : detik.com