PAN akan Lawan Pansus Angket DPR Jika Anggaran KPK dan Polri Distop

PAN akan Lawan Pansus Angket DPR Jika Anggaran KPK dan Polri Distop

PAN akan Lawan Pansus Angket DPR Jika Anggaran KPK dan Polri Distop

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengecam usulan Pansus Hak Angket KPK membekukan anggaran KPK-Polri tahun 2018 karena menolak jemput paksa Miryam S Haryani. PAN menolak usulan tersebut.

“Itu namanya bagaimana kalau KPK dan polisi tidak bekerja? Bubar kita. Jangan dong, jangan begitu. Itu yang kita akan nolak,” ujar Zulkifli di gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2017).

Zulkifli mengatakan, partainya tidak berkompromi jika anggaran KPK dan Polri dibekukan. Ia akan menyerukan kepada kadernya di Pansus untuk melawan usulan tersebut.

“Itu soal hukum, saya nggak tahu. Tapi kalau anggaran polisi nggak ada, ya bayangin. Nggak punya senjata, nggak makan. Kami di Pansus akan melawan kalau hal begitu,” tegas Zulkifli.

“Nggak ada jalan tengah. Ya nggak boleh, kalau polisi punya uang, KPK punya uang, gimana? Polisi nggak punya pistol, nggak makan mereka. Itu yang harus kita lawan. Saya minta PAN nggak setuju,” tambahnya.

PAN berjanji tidak akan melemahkan kewenangan KPK di Pansus Hak Angket. Saat ini, PAN memiliki 3 wakil dalam Pansus.

“Dulu saya tegaskan soal angket. Saya bilang kalau bisa saya hentikan, saya hentikan. Tapi kan nggak bisa berhenti. Sekarang sudah jalan. Masa saya nonton aja? Saya bilang ke teman pansus jangan melemahkan KPK,” papar Zulkifli.

Sebelumnya, Pansus Hak Angket KPK di DPR bereaksi keras atas pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menolak menjemput paksa Miryam. Anggota Pansus Hak Angket KPK, Muhammad Misbakhun menyarankan DPR untuk membekukan anggaran KPK-Polri untuk tahun 2018.

“Kita mempertimbangkan menggunakan hak budgeter DPR di mana saat ini dibahas di RAPBN 2018, termasuk di dalamnya anggaran polisi dan KPK. Apabila mereka tidak menjalankan apa yang menjadi amanat UU MD3, maka DPR mempertimbangkan, saya meminta Komisi III mempertimbangkan pembahasan anggaran kepolisian dan KPK,” kata Misbakhun di gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (20/6).

 

Baca juga : Polri Tolak Hadirkan Miryam di Pansus, DPR Ancam Stop Anggaran KPK dan Polri

 

 

Sumber berita PAN akan Lawan Pansus Angket DPR Jika Anggaran KPK dan Polri Distop : detik