PAN Kembali Menentang Jokowi, NasDem: PAN Mundur Saja dari Kabinet

PAN Kembali Menentang Jokowi, NasDem: PAN Mundur Saja dari Kabinet

PAN Kembali Menentang Jokowi, NasDem: PAN Mundur Saja dari Kabinet

PAN lagi-lagi memperlihatkan sikap berbeda dengan pemerintah terkait pembahasan RUU Pemilu. Partai NasDem menyebut sikap PAN sudah jelas bertentangan dengan pemerintah.

“Kami pada hari ini, kami telah melihat sebuah fakta politis bahwa PAN tidak sejalan dengan koalisi. Karena itulah kami meminta agar ada sikap yang tegas terhadap sikap PAN,” ujar anggota F-NasDem Teuku Taufiqulhadi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Sikap PAN yang terus-menerus memperlihatkan pertentangan dengan pemerintah, disebut Taufiqulhadi, membahayakan. Jika PAN tetap ‘dipelihara’ dalam koalisi, ini akan menimbulkan ketidakharmonisan.

“Sebuah partai di dalam koalisi dengan perbedaan yang sangat mencolok itu akan membuat nanti, menurut saya, akan membuat koalisi tak harmonis,” jelas Taufiqulhadi.

anggota F-NasDem Teuku Taufiqulhadi

NasDem meminta PAN keluar dari koalisi sesegera mungkin. Presiden Joko Widodo pun, disebutnya, mesti mengeluarkan menteri PAN dari jajaran kabinet kerja. PAN punya satu kursi menteri di kabinet kerja Jokowi, yakni MenPAN RB Asman Abnur.

“Menurut saya, tidak perlu di dalam koalisi tersebut. Dengan demikian, tidak ada lagi dalam kabinet. Lebih baik mundur dari koalisi dan dari kabinet,” tegas Taufiqulhadi.

Enam fraksi pendukung pemerintah dalam rapat paripurna RUU Pemilu memilih paket A, yakni salah satu isi pasalnya soal ambang batas pengajuan capres sebesar 20-25 persen. Koalisi pemerintah meminta voting dilakukan segera, namun PAN memilih walk out.

PAN pun saat itu belum menyampaikan sikap soal paket yang dipilih. Mereka masih ingin musyawarah soal isu presidential threshold.

Jokowi memang belum membeli respons soal beda sikap PAN di pembahasan UU Pemilu. Namun soal isu UU Pemilu ini Jokowi sudah menyampaikan keinginannya.

“Pemerintah dalam hal ini pengajuannya, karena dari pengalaman beberapa kali Pemilu kan sudah 20 persen berjalan baik. Ingin ke depan kita semakin sederhana, semakin sederhana,” kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Mungkinkah PAN bisa terus bertahan di dalam lingkaran parpol pendukung Jokowi?

 

Baca juga : Akhirnya Novanto Sahkan UU Pemilu dengan Presidential Threshold 20%

 

 

Sumber berita PAN Kembali Menentang Jokowi, NasDem: PAN Mundur Saja dari Kabinet : detik