Penataan Tanah Abang Tahap 1, Anies Lihat PKL Masih Ada di Trotoar

Penataan Tanah Abang Tahap 1, Anies Lihat PKL Masih Ada di Trotoar

Penataan Tanah Abang Tahap 1, Anies Lihat PKL Masih Ada di Trotoar

Pemprov DKI Jakarta telah mengumumkan konsep baru penataan Tanah Abang yang selama ini menjadi salah satu momok di ibu kota karena semrawutnya PKL dan angkot, sehingga kemacetan kerap terjadi. Penataan pun sudah dimulai per hari ini, Jumat (22/12).

Kawasan Tanah Abang nantinya akan dibangun TOD (Transit Oriented Development) yang mengintegrasikan warga, angkutan umum, dan pusat perekonomian di sana. Namun sebelum TOD direalisasikan, untuk sementara waktu Pemprov menyediakan solusi jangka pendek alias penataan tahap 1. Yaitu dengan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Tanah Abang, tepatnya di Jalan Jati Baru di depan pintu lama Stasiun Tanah Abang.

“Kita fasilitasi pedagang kaki lima dengan menggunakan rekayasa lalu lintas. Jadi jalur di depan stasiun dari 8 pagi sampai 6 sore, satu jalur dipakai untuk PKL berusaha. Jumlahnya 400 tenda sudah disediakan. Seluruh trotoar 100 persen untuk pejalan kaki tidak ada lagi PKL yang mengganggu,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (21/22).

Sementara untuk sisi jalan lainnya, akan digunakan untuk pengoperasian bus TransJakarta ‘Tanah Abang Explorer’ yang akan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Anies Naik Tanah Abang Explorer, Saksikan Trotoar Masih Belum Steril

Gubernur DKI Anies Baswedan menjajal bus Tanah Abang Explorer. Saat melintas di ruas Jalan Jati Baru, di trotoar masih ada pedagang yang menggelar lapak. Ada juga pemotor dan mobil parkir di trotoar.

Anies telihat memperhatikan kondisi itu dari balik kaca bus, Jumat (22/12). Beberapa penumpang riuh.

Pemprov DKI dalam konsep The New Tanah Abang ini melarang pedagang berjualan di trotoar, mereka disediakan tenda di jalan. Kawasan Tanah Abang ini memang ditutup mulai hari ini. Penutupan sejak pukul 08.00-18.00 WIB.

Alasan PKL Masih Jualan di Trotoar

Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah dipindahkan ke Jalan Jati Baru. Untuk sementara mereka menempati lapak yang disediakan Pemprov DKI. Konsekuensinya mereka harus hengkang dari trotoar.

Tapi siang ini, Jumat (22/12), pedagang malah ada yang masih buka lapak. Beberapa diantaranya Dwi dan rekan-rekannya. Mereka beralasan bertahan karena tak mendapat jatah tempat di ruas Jalan Jati Baru.

 

 

Baca juga : Tanpa Uji Coba, Jalan Depan Stasiun Tanah Abang Ditutup Mulai Besok

 

 

Sumber berita Penataan Tanah Abang Tahap 1, Anies Lihat PKL Masih Ada di Trotoar : kumparan.com