Penceramah Bawakan SARA, Acara Tabligh Akbar Dihentikan di Kepulauan Seribu

Penceramah Bawakan SARA, Acara Tabligh Akbar Dihentikan di Kepulauan Seribu

Penceramah Bawakan SARA, Acara Tabligh Akbar Dihentikan di Kepulauan Seribu

Gesekan sempat terjadi antara penyelenggara ceramah dengan massa berbaju kotak-kotak di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Rabu (12/4/2017).

Kasubag Humas Kepulauan Seribu Iptu Ferry Budiharso menuturkan gesekan tersebut bermula dari acara Tabligh Akbar yang digelar Gerakan Muslim Jakarta (GMJ) Korwil Kepulauan Seribu pimpinan Buang Busyarif pada Rabu siang.

“Kemudian ada penceramah dari Jakarta,” kata Ferry kepada Kompas.com, Rabu.

Penceramah yang dimaksud adalah Alfian Tanjung, Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) yang namanya mencuat setelah menuding Nezar Patria dan Teten Masduki sebagai antek PKI.

Sekitar pukul 14.20 WIB saat Alfian menyampaikan ceramah, datang sekelompok massa berbaju kotak-kotak memasuki lapangan tersebut dan ingin menghentikan acara. Hal ini dikarenakan massa berbaju kotak-kotak tidak menyukai ceramah Alfian yang dianggap menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan.

“Sebelumnya kami sudah minta panitia untuk tidak ceramah SARA, mereka setuju cuma tiba-tiba datang penceramah dari Jakarta ini,” kata Ferry.

Baca: Sebut Nezar Patria Kader PKI, Alfian Tanjung Minta Maaf

Adu argumen yang terjadi antara dua kubu ini membuat acara terhenti dan polisi memediasi keduanya. Massa diimbau untuk tidak saling menghujat.

Kapolsek Kepulauan Seribu pun bernegosiasi dengan ketua panitia tabligh akbar agar acara tersebut dihentikan karena situasi kurang kondusif.

“Pukul 14.40 kedua massa membubarkan diri dan situasi kondusif,” kata Ferry.

 

 

Sumber berita Penceramah Bawakan SARA, Acara Tabligh Akbar Dihentikan di Kepulauan Seribu : kompas.com