Penyebab Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan

Penyebab Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan

Penyebab Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan, Sesi latihan bebas keempat dan sesi kualifikasi MotoGP Qatar, Sabtu (25/3/2017), batal digelar karena lintasan Sirkuit Internasional Losail yang basah terguyur hujan.

Hujan badai mengguyur kawasan sirkuit pada Jumat (24/3/2017) malam waktu setempat dan berlanjut hingga Sabtu. Meskipun hujan sudah berhenti pada Sabtu malam, lintasan sirkuit tak kunjung kering.

“Masalah utama di lintasan ini adalah tidak adanya drainase (saluran air) karena kami memang tidak menduga akan terjadi hujan di Qatar (saat Grand Prix),” kata Loris Capirossi, perwakilan Safety Commision MotoGP.

“Kami tahu soal ini saat tes pramusim Moto2 dan Moto3 (sepekan sebelum GP Qatar). Dengan kondisi seperti ini, area run-off di tikungan 8 jadi seperti danau (ada genangan air),” kata Capirossi lagi.

Di lintasan juga terdapat beberapa genangan air yang bisa membahayakan para pebalap saat melintas di atasnya dengan kecepatan tinggi.

“Masalahnya adalah, tanpa adanya drainase, air akan muncul dari bawah tanah. Kami sudah menghilangkan air dengan pompa, tetapi ketika kami sangka sudah bagus, 10 menit kemudian air muncul lagi,” ujar Capirossi.

Jadwal sesi sempat ditunda beberapa kali untuk memberi waktu bagi panitia menghilangkan genangan air. Namun, setelah beberapa kali mencoba dan gagal, semua sesi pada Sabtu pun dibatalkan.

Capirossi menyebut area pengereman di tikungan 1, tikungan 4, serta tikungan 3 dan 10 sebagai bagian yang kondisinya paling buruk.

Capirossi lalu menjelaskan bahwa proses pengeringan lintasan akan terus dilakukan sepanjang Sabtu malam hingga Minggu (26/3/2017) pagi.

“Sudah pati kami memikirkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk musim depan. Namun, untuk sekarang situasinya memang seperti itu,” ujar Mantan pebalap asal Italia tersebut.

Balapan MotoGP Qatar hingga saat ini rencananya tetap akan digelar malam hari pada Minggu mulai pukul 21.00 waktu setempat (Senin 01.00 WIB).

 

Sumber Berita Penyebab Sesi Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan : Kompas.com