Polisi Temukan 5 Bom Molotov Yang Disebar Dilokasi Kedatangan Jokowi

Polisi Temukan 5 Bom Molotov Yang Disebar Dilokasi Kedatangan Jokowi

Polisi Temukan 5 Bom Molotov Yang Disebar Dilokasi Kedatangan Jokowi

Polisi meringkus seorang terduga teroris berinisial IM (31) jelang kedatangan Presiden Jokowi di Cirebon. Polisi menemukan 5 buah bom molotov yang telah disebar IM.

“Kita menemukan ada lima buah bom molotov,” ucap Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana saat dikonfirmasi via telepon, Senin (18/9/2017).

Menurut Umar, bom molotov yang terbuat dari botol dengan pemicu berupa sumbu tersebut telah disebar. Pelaku menyebar bom molotov tersebut di sekitar Bandara Penggung tempat mendarat Jokowi.

Image result for Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana
Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana

“Ada di area dalam bandara ada juga di luar bandara. Tapi beruntung belum meledak dan keburu ditangkap,” kata Umar.

Selain ditemukannya bom molotov, polisi juga menemukan barang bukti lain berupa sangkur, airsoft gun dan pepper spray. Seluruh barang bukti sudah diamankan petugas.

“Semuanya dia masukan ke dalam tas yang dia bawa,” tandasnya.

Terduga Teroris Ditangkap di Cirebon Jelang Kedatangan Jokowi

Polisi menangkap seorang pria terduga teroris menjelang kedatangan Presiden Jokowi pada acara penutupan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Taman Gua Sunyaragi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Penangkapan tersebut berlangsung di bandara.

Penangkapan pelaku diduga teroris ini berlangsung Senin (18/9/2017), sekitar pukul 14.00 WIB. Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto membenarkan adanya penangkapan pria bersenjata.

Image result for Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto
Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto

Agung menyebut pria itu inisial IM. Ia menjelaskan terduga teroris ini diringkus Spesial Response Team (SRT) Sat Reskrim Polresta Cirebon saat berada di luar ring keamanan VVIP.

“Kalau dipastikan belum, saat ini masih diduga. Saat ini kita masih kembangkan,” ucap Agung usai mengecek IM di Mapolresta Cirebon.

Polisi mengamankan barang bukti berupa senjata tajam jenis sangkur dan sebuah airsoft gun yang disimpan di dalam tas milik IM. “Polisi sudah mencurigai karena dia (IM) bawa ransel.

Ternyata pas digeledah isinya sangkur dan airsoft gun. Intinya pelaku dari salah satu kabupaten di Jawa Barat. Jika ada teman yang lainnya tentu kita akan sikat,” ujar Agung.

Seperti diketahui, penutupan FKN XI yang diselenggarakan di Kota Cirebon akan digelar pada pukul 19.30 WIB hingga 22.30 WIB di Taman Gua Sunyaragi. Acara tersebut rencananya dihadiri Presiden Jokowi, selain itu lebih dari 100 raja dan sultan hadir dalam penutupan FKN XI.

Meski Ada Ancaman Teroris, Jokowi Tetap Temui Warga di Cirebon

Meski Ada Ancaman Teroris, Jokowi Tetap Temui Warga di Cirebon
Presiden Jokowi (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Polisi menangkap seorang terduga teroris di Cirebon, Jawa Barat, yang diduga hendak menyerang Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja di Cirebon. Meski ada ancaman, Jokowi tetap melakukan kunjungan kerja tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi tetap melakukan kunjungan kerja di Cirebon. Bahkan Jokowi turun ke lapangan menemui warga.

“Kunker (kunjungan kerja) berjalan tetap sesuai jadwal. Presiden seperti biasa, turun dari mobil menyerahkan sembako ke masyarakat,” kata Bey kepada detikcom, Senin (18/9/2017).

Berdasarkan pantauan detikcom, Jokowi bertolak menuju Cirebon dari Bandra Adisudjipto Yogyakarta sekitar pukul 16.30 WIB dan tiba di Bandara Cakrabhuana Cirebon sekitar pukul 17.30 WIB, Senin (18/9). Begitu tiba, Jokowi langsung menyapa masyarakat dan memberikan sembako.

Sumber Berita Polisi Temukan 5 Bom Molotov Yang Disebar Dilokasi Kedatangan Jokowi : Detik.com