Akibat Protes Kebijakan Trump, Warga Gaza Dibunuh Tentara Israel

Akibat Protes Kebijakan Trump, Warga Gaza Dibunuh Tentara Israel

Akibat Protes Kebijakan Trump, Warga Gaza Dibunuh Tentara Israel

Seorang warga Gaza tewas setelah mengalami luka parah akibat tembakan aparat berwenang Israel. Aksi represif Tentara Israel tersebut dilakukan untuk meredam demonstrasi warga Palestina di perbatasan Yerusalem.

Korban tewas teridentifikasi sebagai Jamal Muslih (20). Dia merupakan penghuni kamp pengungsian di Al Bureij di Gaza yang tengah ikut serta dalam demo menentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Yerusalem.

“Dia terluka karena tembakan yang diarahkan padanya Jumat lalu,” sebut Juru Bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf Al Qudra, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (30/12).

Kematian Jamal menambah daftar panjang warga Palestina yang tewas setelah Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel awal Desember lalu. Termasuk Jamal sudah 13 orang yang harus kehilangan nyawanya.

Sebanyak 11 di antaranya tewas saat bentrok antar pengunjuk rasa dan militer Israel pecah belum lama ini. Sementara dua sisanya, meninggal akibat serangan udara Israel. Kedua peristiwa itu berlangsung awal Desember lalu.

Insiden yang menyebabkan tewasnya Jamal juga turut menelan lebih dari 50 korban luka. Sama seperti Jamal, cidera didapat karena tembakan Tentara Israel.

Selain di Gaza, kericuhan juga terjadi di Tepi Barat. Insiden di Wilayah pendudukan Israel di Palestina menyebabkan 16 orang terluka. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan banyaknya korban luka disebabkan lima tembakan peluru karet yang diarahkan langsung ke arah demonstran.

Pada Jumat lalu, milisi di Gaza menembakan tiga buah roket ke selatan Israel. Dua berhasil dicegah oleh sistem anti-rudal milik Isreal, sementara satu sisanya mengenai sebuah desa dekat perbatasan dua wilayah.

Tidak ada korban jiwa atau luka yang jatuh dari pihak Israel. Namun, tembakan rudal itu mampu menimbulkan kerusakan besar di desa tersebut.

Milisi Gaza yang dikendalikan Hamas, kerap menembakan rudal ke arah Israel. Tetapi, Israel selalu menyalahkan Hamas atas seluruh teror yang terjadi di negaranya.

 

Sumber Berita Akibat Protes Kebijakan Trump, Warga Gaza Dibunuh Tentara Israel : Kumparan.com