Puluhan Juta Rupiah Diamankan KPK Saat OTT di Kantor BPK

Puluhan Juta Rupiah Diamankan KPK Saat OTT di Kantor BPK

Puluhan Juta Rupiah Diamankan KPK Saat OTT di Kantor BPK

KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap 7 orang di kantor Badan Pemeriksa Keuangan dan kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Uang puluhan juta rupiah diamankan petugas KPK dalam OTT tersebut.

“Informasi dari tim uangnya dalam bentuk rupiah. Saya belum dapat detail. Namun masih dilakukan penghitungan,” ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (26/5).

Febri Diansyah
Jubir KPK Febri Diansyah

Tim KPK menggeledah dua ruangan di kantor BPK. Saat penggeledahan dilakukan, Febri mengatakan, timnya mengamankan barang bukti berupa uang puluhan juta rupiah.

Berdasarkan data yang diperoleh wartawan, uang itu diduga terkait suap pemberian status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Namun terkait dugaan itu KPK masih enggan angkat bicara.

“Kita masih mendalami banyak hal. Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan (OTT),” kata Febri.

Ilustrasi Gedung KPK
Gedung baru KPK di Kuningan, Jakarta

Selain melakukan penggeledahan di BPK, KPK juga menyegel ruangan Biro Keuangan di Kementerian Desa.

Dalam OTT kali ini KPK menangkap Inspektur Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Sugito. Kemudian, Rochmadi Saptogiri, pejabat eselon 1 Badan Pemeriksa Keuangan yang merupakan Auditor Utama Keuangan Negara III BPK; dan Ali Sadli, Kepala Auditorat III BPK.

Sementara keempat orang lainnya yang ikut diamankan, berinisial Y, G, J, dan F. Febri menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap ketujuh orang tersebut.

Juru Bicara BPK.
Juru Bicara BPK

Yudi menyebut tim KPK datang ke kantornya pada sekitar pukul 15.10 WIB. Saat itu mereka langsung melakukan pemeriksaan terhadap dua auditor berinisial R dan AS.

Kedua auditor yang berada di Auditorat Utama Keuangan Negara III itu pun kemudian langsung dibawa ke KPK. Namun Yudi mengaku belum mengetahui kasus yang terkait penangkapan kedua auditor itu.

“Saya tidak memperhatikan sampai sedetail itu, yang jelas tadi jam lima lebih rekan rekan dari BPK dibawa ke KPK,” ujar dia.

 

 

Sumber Berita Puluhan Juta Rupiah Diamankan KPK Saat OTT di Kantor BPK :Kumparan.com, kompas.com