Ratna Sarumpaet: Bohong Sama Anak Saya, Kenapa gue mesti dipenjara?

Ratna Sarumpaet: Bohong Sama Anak Saya, Kenapa gue mesti dipenjara?

Ratna Sarumpaet: Bohong Sama Anak Saya, Kenapa gue mesti dipenjara?

Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran hoaks dan keonaran di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/4). Ratna masih yakin, kebohongan dirinya kepada anaknya tidak menimbulkan keonaran seperti yang akan dibuktikan di sidang.

Ratna mengaku tak tahu apa kesalahannya hingga harus dipenjara dan diadili seperti saat ini. Padahal, dia hanya berbohong pada anaknya.

“Salah saya apa sih, saya bohong sama anak-anak saya. Apa gitu. Kenapa gue mesti dipenjara begitu lama. ” kata Ratna sebelum sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Dia juga tak habis pikir dengan keputusan polisi dan hakim yang terus menahan dirinya. Karena terus ditolak, Ratna pun pasrah dan tak mau mengajukan lagi penangguhan penahanan.

“Ya enggak apa apalah. Kalau saya pikir sih memang mereka enggak akan mungkin memberikan penangguhan. Ya memang saya niatnya untuk ditahan kan,” ucap dia.

Ratna ditetapkan sebagai tersangka pada 5 Oktober 2018. Ratna Sarumpaet dijerat Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan terancam hukuman 10 tahun penjara.

Tersangka kasus penyebaran hoaks, Ratna Sarumpaet tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Di kasusnya, Ratna didakwa dengan dua kasus. Pertama, menyebarkan berita bohong untuk membuat keonaran. Kedua, menyebarkan informasi untuk menimbulkan kebencian atas dasar Suku, Agama, Ras, dan Antargologan (SARA), yang diatur dalam pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ratna mengaku dianiaya orang tak dikenal di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Namun, setelah ditelusuri polisi, penganiayaan tersebut adalah hoaks.

Foto wajah lebam Ratna beredar luas dan sempat menimbulkan polemik. Akhirnya, Ratna mengakui lebam yang ia dapat itu merupakan efek dari sedot lemak, bukan akibat tindak penganiayaan.

Ratna pun ditahan setelah ditangkap di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis, 4 Oktober 2018. Saat itu, Ratna hendak terbang ke Chile.

 

 

Baca juga : Ratna Sarumpaet Sebut Saksi Berbohong Soal Terima Foto Lebamnya

 

 

Sumber berita Ratna Sarumpaet: Bohong Sama Anak Saya, Kenapa gue mesti dipenjara? : kumparan