Nasional

Ratna Sarumpaet Sebut Vlog Kaesang itu Fitnah dan Lancang

Ratna Sarumpaet Sebut Vlog Kaesang itu Fitnah dan Lancang

Polisi ternyata menetapkan Joice Warouw (JW) sebagai tersangka atas kasus penamparan terhadap petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (8/7/2017).

Menurutnya, penetapan Joice sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik memeriksa korban, tersangka, dan tujuh orang saksi.

“Kapolresta Manado sudah menyampaikan bahwa yang bersangkutan (Joice-red) telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah memeriksa tujuh orang saksi,” kata Argo.

Ia menjelaskan, istri Direktur Materi Pendidikan Kedeputian Pendidikan Lembaga Ketahanan Nasional Brigjen Purnawirawan Johan Sumampouw itu telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Jumat (7/7/2017) malam. Menurutnya, pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tiga orang penyidik dari Kepolisian Manado.

Menurut Argo, hasil pemeriksaan Joice di Polda Metro Jaya kemarin, akan digunakan untuk penyidikan lebih lanjut terkait insiden penamparan petugas Avsec Aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet mengomentari video Kaesang Pangarep dalam mengkritik sejumlah anak yang pawai obor sambil berteriak membunuh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok).

Menurut Ratna, gaya bahasa putra bungsu Presiden Joko Widodo itu kasar, lancang, dan fitnah, lantaran membuat pernyataan tanpa kajian ilmiah.

” Kaesang @kaesangp kasar. Ia maki/ejek generasi muda Ind sbg perusak bangsa. Tuduhan tanpa pnelitian ilmiah/akurat spt itu “fitnah n lancang,” kata Ratna di akun Twitternya, dikutip Sabtu (8/7/2017).

Pernyataan Ratna ini kemudian mendapat tanggapan dari warganet (netizen). Salah satunya @ansori_fahmi. Ia mempertanyakan ucapan Ratna yang mengeneralisasi anak muda. Pasalnya, yang di kritik Kaesang adalah mereka yang teriak bunuh Ahok.

“@RatnaSpaet @kaesangp emng anak muda mna bu yg d maki/ejek @kaesangp ??laah sy yg muda malah biasa aj ga ngerasa di maki..ap ibu ngerasa muda??hha,” @ansori_fahmi.

Mendapat pertanyaan demikian, ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu menjawab,”Mana aku tahu? Mungkin karena makian @kaesangp “…. Ndeso” dan “perusak bangsa” itu, km anggap tepat untuk kamu.”

Seperti diketahui, Kaesang dilaporkan ke Polres Bekasi Kota pada (2/7/2017) oleh warga bernama Muhammad Hidayat. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu diduga melakukan penodaan agama dan menyebarkan ujaran kebencian.

Adapun yang dipermasalahkan pelapor yakni kata-kata yang diucapkan Kaesang di video blog (vlog) pribadinya, seperti ‘mengadu-adu domba dan mengkafir-kafirkan’, ‘nggak mau mensalatkan padahal sesama Muslim karena perbedaan dalam memilih pemimpin’, dan “Apaan coba? Dasar ndeso’.

Sebelumnya, Kaesang membuat vlog yang berjudul #BapakMintaProyek. Video berdurasi 2,40 menit yang diunggah Kaesang pada 27 Mei 2017 itu adalah mengkritik praktik nepotisme dan intoleransi.

Pada salah satu bagian vlognya, Kaesang mempertunjukkan soal intoleransi yang ditunjukan oleh sekelompok anak muda yang pawai obor sambil berteriak bunuh Ahok.

Berikut komentar Kaesang soal video pawai tersebut yang kemudian dipolisikan Hidayat..

Ia menambahkan bahwa kasus penamparan terhadap petugas bandara tersebut tetap akan ditangani Polresta Manado, sesuai tempat kejadian perkara. Pemeriksaan dilakukan di Polda Metro Jaya, karena Joice diketahui sedang berada di Jakarta.

Untuk diketahui, peristiwa penamparan yang dilakukan JW terhadap petugas Avsec terjadi di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, pada Rabu (5/7/2017) pukul 7.20 WITA. Aksi penamparan yang dilakukan JW ini sempat viral di media sosial.

 

Baca juga : Pelapor Kaesang Ternyata Sering Buat Laporan untuk Peras Pejabat

 

 

Sumber berita Ratna Sarumpaet Sebut Vlog Kaesang itu Fitnah dan Lancang : netralnews

Mister News

Share
Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

3 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

3 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

3 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

3 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

3 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

3 tahun ago