Retno Bertemu Jenderal Min Aung Minta Myanmar Akhiri Konflik

Retno Bertemu Jenderal Min Aung Minta Myanmar Akhiri Konflik

Retno Bertemu Jenderal Min Aung Minta Myanmar Akhiri Konflik

Menlu Retno Marsudi bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan Jenderal Senior U Min Aung Hlaing. Retno meminta militer Myanmar untuk memberikan perlindungan di Rakhine State dan menghentikan segala tindakan kekerasan yang terjadi

“Kita meminta dukungan militer. Ada dua hal yang terus saya tekankan: perlu adanya wisdom dan leadership dari militer untuk memberikan perlindungan utamanya masalah sipil yang tak berdosa utamanya kaum perempuan dan anak-anak,”ujar Retno di Myanmar, Senin (4/9).

Retno menyebut, militer Myanmar mempertimbangkan tuntutannya itu. Dia juga mendapat berbagai informasi terkait kondisi di lapangan dari militer Myanmar.

Image result for Retno Marsudi bersama Min Aung Hlaing

“Pihak militer menyampaikan prinsip-prinsip ini akan diperhatikan terus menerus dan pentingnya untuk segera menghentikan semua tindakan (kekerasan),” ujarnya

Retno juga mendorong agar militer Myanmar menurunkan tensi pergerakan di Rakhine State. Segala tindakan yang memakan korban hingga tewas, luka-luka, dan mengungsi, harus segera diakhiri.

“Hal yang kedua dan sangat penting: pentingnya segera dilakukan deesaakalasi situasi di Myanmar. Dan upaya deeskalasi, militer memegang peranan yang sangat penting,” katanya.

“Terus soal akses bantuan kemanusiaan. Tapi aturan akses bantuan lebih banyak diatur oleh pemerintah, saya bawa saat ketemu Aung San Suu Kyi,” imbuh Retno.

Retno juga menyampaikan pesan mantan Sekjen PBB Kofi Annan yang meminta Myanmar untuk menghentikan segala kondisi yang memburuk di Rakhine State.

 

 

Sumber Berita Retno Bertemu Jenderal Min Aung Minta Myanmar Akhiri Konflik : Kumparan.com