Rumah DP 0 Rupiah Hanya Janji Manis untuk Mendulang Suara Pilkada DKI 2017

Rumah DP 0 Rupiah Hanya Janji Manis untuk Mendulang Suara Pilkada DKI 2017

Rumah DP 0 Rupiah Hanya Janji Manis untuk Mendulang Suara Pilkada DKI 2017

Pengamat politik Arbi Sanit mengomentari program pembelian rumah dengan down payment (DP) atau uang muka nol rupiah yang ditawarkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno selama masa kampanye Pilkada DKI 2017 lalu.

Menurut Arbi, rumah DP nol rupiah merupakan janji manis semasa kampanye untuk mendulang suara demi memenangkan Pilkada DKI.

“Iya, itu kan kelihatannya semasa kampanye cuma mencari suara. Yang namanya pemilu, orang mau menang, banyak yang kampanye tipu-tipu,” kata Arbi kepada Netralnews.com, Jumat (14/7/2017).

Sebab setelah menang, menurut Arbi, pasangan Anies-Sandi seperti kelabakan untuk mewujudkan program yang digaungkan semasa kampanye.

“Sekarang mau diterapkan kelabakan. Karena gak ada formula yang bisa memenuhi janji-janjinya,” paparnya.

Hal itu dapat dilihat dari pernyataan mereka soal rumah DP nol rupiah sebelum dan sesudah Pilkada. Yang mana selama masa kampanye, kubu Anies-Sandi menyebut jika rumah DP nol rupiah diperuntukan bagi warga yang berpenghasilan maksimal Rp7 juta.

Namun beberapa hari lalu, Sandi membuat pernyataan, jika program tersebut menyasar yang memiliki upah minimal Rp7 juta. Sedangkan, rata-rata warga kurang mampu di Jakarta, berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

“Kalau secara riil kan sekarang dia merubah. Di mana rakyat miskin gaji 7 juta (rupiah)? Orang buruh aja rata-rata 3,5 juta (rupiah) kok di Jakarta. Gak masuk akal, bukan lagi (untuk) golongan bawah lagi,” paparnya.

“Itu bukan untuk memberikan rumah bagi rakyat miskin. Orang-orang miskin Jakarta tidak akan mampu bayar rumah yang digambarkannya. Karena itu golongan menengah ke atas,” ungkapnya.

Sebelumnya Sandiaga Uno mengatakan, program rumah DP nol rupiah diperuntukkan bagi masyarakat DKI yang mempunyai penghasilan Rp 7 Juta hingga Rp 10 Juta per bulan.

Menurutnya, batas penghasilan tersebut digunakan untuk memastikan bahwa warga sanggup mencicil.

https://www.facebook.com/video24news/videos/1448751285213421/

 

Baca juga : Dirasa Menyalahi Aturan, Ahok Tolak Masukkan Program DP 0 di APBD-P

 

 

Sumber berita Rumah DP 0 Rupiah Hanya Janji Manis untuk Mendulang Suara Pilkada DKI 2017 : netralnews