Sumarsono, 90 Persen Lebih Penghuni Rusun Mengaku Bahagia

Sumarsono, 90 Persen Lebih Penghuni Rusun Mengaku Bahagia

Sumarsono, 90 Persen Lebih Penghuni Rusun Mengaku Bahagia, Menurut Sumarsono, keluhan Sunarto, salah seorang warga Rusun Jatinegara yang mengaku resah dengan unit rusun yang dihuninya karena rusak dan bocor, bukan berarti seluruh warga yang menghuni rusun di Jakarta tidak bahagia.

Pelaksana tugas Gubernur Sumarsono angkat bicara soal keluhan salah seorang penghuni rumah susun Jatinegara pada calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di tengah debat Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran dua, kemarin malam.

“Dari jumlah 10 ribu penghuni, kalau yang ngomong hanya dua atau tiga orang, kan tidak bisa kita katakan (seluruhnya). Hasil evaluasi kami, lebih dari 90 persen penghuni rusun mengatakan sangat happy,” kata Sumarsono di Balai Kota, Kamis (13/4).

“Karena biaya perawatan rusun itu diambil dari iuran mereka. Sementara, masih banyak yang belum melunasi iuran. Jadi, bagaimana bisa lingkungan dijaga?” kata Sumarsono.

Walau demikian, kenyatannya, kata Sumarsono, kekurangan terkait perawatan infrastruktur memang masih mungkin ditemukan. Hanya saja hal itu tak pula sepenuhnya bisa dibebankan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu menduga ada faktor budaya yang membuat penghuni rusun tak betah. Persoalan ini, menurutnya, cuma soal waktu.

“Harusnya ketika pindah ke lokasi yang lebih jauh, berubah juga karakter pekerjaannya. Semula tinggal di pinggir kali, kerjaannya cari ikan saja. Ketika bergeser, ya harusnya dilatih mengembangkan keterampilan sendiri. Tapi, pasti butuh waktu,” ujarnya.

Namun, ia menegaskan, uang yang dibayarkan warga setiap bulan semata digunakan untuk biaya perawatan atau retribusi lingkungan.

Ahok sendiri telah menanggapi keluhan perwakilan warga Rusun Jatinegara tersebut. Dia mengakui kualitas rusun di kawasan tersebut memang buruk dan tak dapat menutupi fakta bahwa hampir 30 persen penghuni rusun tak mampu membayar sewa.

Lebih lanjut, Ahok berkata akan membongkar tembok pembatas rusun Jatinegara dan menggantinya dengan kios untuk digunakan sebagai tempat usaha warga rusunawa.

 

Sumber Berita Sumarsono, 90 Persen Lebih Penghuni Rusun Mengaku Bahagia : Cnnindonesia.com