Terduga Provokator Ratusan Tahanan Kabur di Pekanbaru Ditangkap Polisi

Terduga Provokator Ratusan Tahanan Kabur di Pekanbaru Ditangkap Polisi

Terduga Provokator Ratusan Tahanan Kabur di Pekanbaru Ditangkap Polisi

Tim Kejahatan dan Kekerasan Kepolisian Daerah Riau berhasil meringkus terduga provokator kaburnya ratusan narapidana Rumah Tahanan Klas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru, bernama Irwanto alias Iwan Nina (47).

“Iwan Nina memprovokasi perisitiwa pemukulan oleh petugas rutan, dan kemudian dia bisa menarik perhatian tahanan lain ini membantu dia melarikan diri,” kata Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain, dilansir Antara, Sabtu (24/6) malam.

Menurut Zulkarnain, terduga merupakan salah seorang tahanan kasus narkoba yang divonis 12 tahun penjara. Iwan, kata dia, menjalani putusan pengadilan mulai Kamis (4/5). Lalu pada Jumat (5/5), ia melarikan diri bersama ratusan tahanan lainnya.

Zulkarnain menjelaskan, dalam pelariannya Iwan kabur ke Kabupaten Pelalawan. Seminggu kemudian, ia ke Pekanbaru dan kabur lagi ke Sumatera Barat.

“Ia ditembak kakinya sebelah kanan tepat pada betisnya karena berusaha kabur, sempat terjadi kejar-kejaran dengan petugas,” jelasnya.

Iwan, kata dia, melakukan upaya provokasi karena tak terima dengan vonis hukuman penjara oleh pihak pengadilan.

“Ia tidak terima hukumannya 12 tahun, dan ia mengerti akan lama di dalam penjara. Dia sempat mondar-mandir dari Pelalawan, Pekanbaru, Sumbar karena tidak tenteram hatinya” ujar Zulkarnaian.

Sebelumnya pada awal Mei lalu, tercatat sekitar lebih dari 200 orang tahanan kabur dari Rutan Sialang Bungkuk. Hingga saat ini, masih tersisa puluhan orang lagi yang belum tertangkap.

“Data-datanya sudah kami miliki, lambat atau cepat pasti tertangkap karena kami terus melakukan pengejaran” tegas Zulkarnain.

 

Baca juga : Setelah 11 Tahun Ditahan di Guantanamo, Hambali Dijatuhi 7 Dakwaan Berlapis

 

 

Sumber berita Terduga Provokator Ratusan Tahanan Kabur di Pekanbaru Ditangkap Polisi : kumparan