Terjawab Sudah Misteri Foto PL Karaoke Mirip Hantu di Probolinggo

Terjawab Sudah Misteri Foto PL Karaoke Mirip Hantu di Probolinggo

Terjawab Sudah Misteri Foto PL Karaoke Mirip Hantu di Probolinggo

Tak bisa dimungkiri hal-hal yang berbau gaib selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Baru-baru ini sebuah foto perempuan di tempat karaoke yang mirip hantu membuat masyarakat heboh. Bagaimana tidak heboh, dalam foto tersebut tampak seorang berambut panjang dengan wajah menyeramkan serta mata menyala tengah duduk di tempat karaoke.

Dengan cepatnya, beberapa orang menyimpulkan bahwa foto tersebut adalah hantu yang sedang menampakkan diri. Foto tersebut langsung viral dan telah dibagikan ribuan kali oleh warganet dalam sekejap.

“Kamera sering menangkap hal-hal di luar kasat mata. Apalagi tempat-tempat hiburan kayak gitu pasti banyak setannya,” ungkap pengguna Twitter @fajarpagi89.

Menanggapi beragamnya asumsi masyarakat, jajaran Polres Probolinggo Kota kemudian merespons hal yang telanjur viral itu.

Dikutip dalam laman resmi Polres Probolinggo Kota, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal kemudian mengklarifikasi foto tersebut pada Minggu (31/17) pukul 12.00 WIB.

Foto pemandu lagu yang disangka hantu

Bertempat di Polres Probolinggo Kota, diperoleh informasi bahwa foto tersebut diambil saat razia gabungan TNI-Polri dan intansi terkait pada hari Jumat (29/12) di tempat karaoke. Saat dilakukan pemeriksaan surat dan identitas terhadap pengunjung, para pemandu lagu di tempat karaoke berusaha menutupi wajah mereka dari bidikan kamera petugas.

Dari beberapa foto yang diambil, foto salah satu pemandu lagu tampak normal. Pemandu lagu itu menggunakan HP untuk menutupi wajahnya. Namun, ada foto dari salah satu pemandu lagu yang terlihat tak lazim. Sekilas dalam foto tersebut terlihat wajah mirip hantu perempuan dengan rambut panjang dan kedua mata menyala.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan bahwa foto tersebut memang asli, bukan penampakan makhluk halus seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial.

“Jadi saudari YN (inisial perempuan yang disangka penampakan hantu) menggunakan semacam kerudung seperti selambu warna hitam dengan motif bunga yang tampak tembus pandang. Saat dilakukan razia dan difoto, kain itu digunakan untuk menutupi wajahnya. Sedangkan mata yang menyala akibat dari flash lampu HP yang digunakan untuk memotret,” jelas AKBP Alfian Nurrizal.

Dengan klarifikasi tersebut, Kapolres berharap masyarakat untuk terlalu cepat berasumsi karena dapat menimbulkan keresahan.

“Kami berharap masyarakat tidak berspekulasi lagi dan menyebarkan isu hoax bahwa ada foto “penampakan hantu” yang membuat resah masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, menanggapi beredarnya foto yang disangka “penampakan makhluk halus” itu membuat Polres Probolinggo Kota meminta bantuan Murdiono, seorang ahli Informasi Teknologi asal surabaya. Murdione dimintai bantuan oleh Polres Probolinggo Kota untuk menganalisis foto “penampakan” tersebut apakah asli atau hasil editan.

https://www.instagram.com/p/BdZifwZFDwn/

Setelah dilakukan pemeriksaan dan analisis terhadap foto tersebut, diperoleh keterangan bahwa foto tersebut diambil menggunakan Handphone Samsung pada tanggal 29 Desember 2017 jam 20.45.53 dengan resolusi / ukuran 4.59Mb.

“Foto tersebut berdasarkan Data Exif Metadata File adalah Asli,” jelasnya.

 

 

Baca juga : Wajah Pemandu Lagu Seperti Hantu, Begini Kata Paranormal

 

 

Sumber berita Terjawab Sudah Misteri Foto PL Karaoke Mirip Hantu di Probolinggo : kumparan.com