Tiga Penumpang Kapal Motor Mutiara Sentosa Dilaporkan Tewas

Tiga Penumpang Kapal Motor Mutiara Sentosa Dilaporkan Tewas

Tiga Penumpang Kapal Motor Mutiara Sentosa Dilaporkan Tewas

Terbakarnya Kapal motor (KM) Mutiara Sentosa 1 di perairan Kepulauan Masalembu, Jawa Timur, menimbulkan korban jiwa. Badan SAR Nasional menyebutkan hingga kini, sudah tiga orang yang menumpang kapal nahas itu diketahui tewas.

“Jumlah korban yang sudah ditemukan hingga saat ini sementara 10 orang (tiga tewas, tujuh selamat),” tulis akun Twitter resmi Humas Basarnas Sabtu (20/5).

Upaya evakuasi korban selamat terus dilakukan. Kepala Kantor SAR Surabaya, Moch. Arifin, menyebutkan sudah lima penumpang dievakuasi KM Meratus yang melintas dekat kapal yang terbakar.

Ilustrasi kapal terbakar.
Ilustrasi kapal terbakar.

“Nelayan Masalembu juga ikut membantu. Sudah ada 30 orang yang dibawa ke daratan,” kata Arifin

Terkait kondisi kapal, menurut Arifin, belum tenggelam. Malah api masih menyala dan terus membakar kapal.

Saat ini, kapal SAR dari Denpasar, Mataram, dan Banjarmasin telah turunkan untuk membantu evakuasi korban. Pemantauan lokasi kecelakaan dari udara rencananya akan dilakukan pada Sabtu pagi.

Data manifes dari Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, KM Mutiara Sentosa I berlayar meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 23.41 WIB. Transportasi laut itu membawa muatan 79 unit kendaraan bermotor terdiri dari truk besar 47 unit, truk sedang 10 unit, mobil kecil 21 unit, dan 2 unit sepeda motor.

“Jumlah penumpangnya 132 jiwa dewasa serta dua orang anak-anak,” katanya.

Seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I berhasil dievakuasi. Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Agus Sularto, mengatakan KM Mutiara Sentosa I mendapat pertolongan pertama dari beberapa kapal saat terbakar.

Agus memastikan seluruh penumpang tersebut telah dievakuasi dari atas KM Mutiara Sentosa I. Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Hari Setyabudi, yang dikonfirmasi terpisah juga memberikan pernyataan senada. Menurut dia, hingga berita ini ditulis, sebagian penumpang sudah berada di daratan.

“Beberapa masih sedang perjalanan di atas kapal penolong,” ujarnya. Informasi sementara, lanjut Hari, kebakaran berasal dari muatan truk pada kapal tersebut.

 

Sumber Berita Tiga Penumpang Kapal Motor Mutiara Sentosa Dilaporkan Tewas : Kumparan.com