Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi Ala Jacklyn Choopers

Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi Ala Jacklyn Choopers

Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi Ala Jacklyn Choopers

Masa libur lebaran 2019 telah tiba. Masyarakat yang berada di Ibu Kota berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Menggunakan moda transportasi bermacam-macam, mereka berupaya bertemu sanak saudara sebagai sebuah ziarah ingatan: bersalam-salaman dan saling memaafkan.

Berjalan menempuh puluhan bahkan ratusan kilometer perjalanan bukan tanpa resiko yang dihadapi para pemudik saat dalam perjalanan. Kecelakaan saja terjadi kapan saja.

Untuk menghindari bahaya yang sewaktu-waktu bisa menimpa siapa saja, khususnya para pemudik saat dalam perjalanan. Berikut tips dari anggota Subdit Jatanras Polda Metro Jaya, Aiptu Jakaria atau yang akrab disapa Jacklyn Choopers.

Berikut tips bagi pemudik dari Jacklyn Choopers yang diterima Suara.com:

“Musim mudik telah tiba. Bagi para perantau, dia akan kembali ke kampung halamannya. Kalau gue sih gak mudik ye, karena kampung gue deket, Kampung Melayu,” ujar Jacklyn dalam videonya.

Mudik identik dengan tradisi setiap tahunnya. Bagi para perantau momen ini sangat dinanti. Karena dia punya rasa rindu sama orang tua, keluarga, saudara untuk merayakan lebaran Hari Raya Idul Fitri bersama-sama.

Menurut dia, yang perlu diperhatikan bagi pemudik pertama adalah kondisi kendaraan. Apapun itu, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum kendaraan diajak jalan, kondisinya harus benar-benar dicek mulai dari rem, oli, mesin hingga ban benar-benar sah dinyatakan laik jalan. Sementara untuk pengendara roda dua, tidak lupa harus memakai helm sama body protector buat keselamatan.

Kedua adalah kelengkapan surat-surat kendaraan. Lalu ketiga, jangan mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan.

Selanjutnya tips keempat adalah membawa uang tunai, makanan, minuman secukupnya. Kelima, bagi anda yang menguunakan e-tol, pastikan saldo anda mencukupi. Dan keenam, patuhi peraturan lalu lintas.

Ingat ya, semua orang mau cepat sampai ke kampung halamannya. Tapi, kalau lagi lampu merah main loe terobos aje. Ingat, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Karena, loe banyak yang nunggu di kampung halaman. Jangan sampai loe gak jadi lebaran malah loe ke rumah sakit,” ujar Jacklyn.

“Terakhir, bila ente lelah jangan paksain bekendara. Lebih baik ente minggir, istirahat cari rest area. Gunakan waktu istirahat loe yang benar biar loe sampai tempat tujuan dengan selamat,” imbuh dia.

Simak videonya dibawah ini:

https://youtu.be/X5OugV4_nFE

 

Sumber Berita Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi Ala Jacklyn Choopers: Suara.com