Video Polri Ungkap Dalang Huru Hara 21-22 Mei

Video Polri Ungkap Dalang Huru Hara 21-22 Mei

Video Polri Ungkap Dalang Huru Hara 21-22 Mei

Dalang di balik kerusuhan 21-22 Mei 2019 sudah terungkap. Pemerintah akan mengumumkannya hari ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal dan Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi akan menyampaikan terkait perkembangan kerusuhan 22-22 Mei 2019 siang ini di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, siang ini. Menko Polhukam Wiranto menjelaskan, penyampaian dalang kerusuhan disampaikan hari ini dimaksudkan agar lebih komprehensif.

“Kemudian tadi juga kita ingin supaya adanya satu penjelasan secara detail mengenai tokoh-tokoh yang ditangkap, apa sebabnya, alasannya apa, besok itu akan lengkap disampaikan ke publik. Jadi bukan informasi lagi, tapi berita acara pemeriksaannya ya. Tadi saya minta langsung dijelaskan ke wartawan, belum lengkap ya. Jadi, jangan khawatir nanti kita jelaskan ke publik. Supaya apa? Supaya tidak kesimpangsiuran, begitu,” ujar Wiranto kepada wartawan di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Sebelum pengungkapan dalang, Polri sudah membentuk tim khusus dari peristiwa yang memakan 8 korban jiwa ini. Tim Investigasi ini juga diawasi oleh Kompolnas dan Ombudsman.

Polri sudah bisa membedakan antara aksi damai 21 Mei yang diisi dengan buka puasa hingga tarawih dan massa yang sengaja untuk rusuh serta menyerang polisi. Kedua kelompok massa itu berbeda

Lalu pada 22 Mei malam, massa juga aksi damai bahkan buka pusa bersama polisi. Namun setelah itu, tiba-tiba ada sekumpulan massa langsung menyerang. Saat dimintai konfirmasi terpisah soal dalang kerusuhan ini, pihak Mabes Polri masih merahasiakannya.

“Tunggu besok (11 Juni 2019) saja, Pak Kadiv yang akan sampaikan,” ujar Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Senin (10/6/2019) malam.

Simak videonya dibawah ini:

 

Baca juga: Polri Mengungkap Kelompok Perusuh 22 Mei Diperintahkan Bunuh 4 Tokoh Nasional

 

Sumber Berita Video Polri Ungkap Dalang Huru Hara 21-22 Mei: Detik.com