Viral Foto Perubahan Waduk Pluit dan Ciliwung di Ultah Ahok

Viral Foto Perubahan Waduk Pluit dan Ciliwung di Ultah Ahok

Viral Foto Perubahan Waduk Pluit dan Ciliwung di Ultah Ahok

Dunia media sosial diramaikan soal foto perubahan wujud Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung di hari ulang tahun Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Foto tersebut diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

“#HBDAhok51 Selamat ultah ke-51 Pak Ahok. Ini salah satu karyamu membenahi Ciliwung dan Waduk Pluit dengan lebih baik,” ujar Sutopo melalui akun Twitter, Kamis (29/6/2017).

Dalam foto tersebut, terlibat perbandingan rupa Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung di waktu yang berbeda. Nampak perubahan citra satelit Sungai Ciliwung di tahun 2016 tak terlihat permukiman jika dibandingkan dengan citra tahun 2015. Sementara itu, terlihat wujud Waduk Pluit tahun 2012 yang masih banyak eceng gondok dan sudah terlihat lebih bersih pada tahun 2016.

Sampai pukul 22.30 WIB, foto tersebut sudah mendapat 1,400 lebih retweet dan 1,100 lebih likes. Menanggapi hal tersebut, Sutopo berharap upaya normalisasi Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung diteruskan gubernur selanjutnya.

“Saya ajak juga menyampaikan ucapan selamat ultah bahwa inilah salah satu karya yang harus diteruskan termasuk Sungai Ciliwung. Kalau tidak ada ketegasan dari pemimpin, bantaran sungai dan waduk akan dijadikan permukiman yang pasti akan menimbulkan banjir,” ujar Sutopo saat dikonfirmasi.

Sutopo mengapresiasi perubahan wujud Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung sebagai kapasitas pribadi karena ia juga merupakan peneliti hidrologi. Ia mengatakan, perubahan wujud Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung cukup signifikan.

“Pesan saya agar apa yang dicapai dan terbukti sejak tahun 2013 itu agar diteruskan. Ini sebagai pribadi ya, jadi apa yang dilakukan gubernur DKI sebelumnya sangat signifikan,” tutupnya.

 

Sumber Berita Viral Foto Perubahan Waduk Pluit dan Ciliwung di Ultah Ahok : Detik.com