Nasional

Anies akan Bongkar Pemukiman Warga, Ade Armando Ingat Kampanye Pilkada DKI

Anies akan Bongkar Pemukiman Warga, Ade Armando Ingat Kampanye Pilkada DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menggeser pemukiman warga yang rumahnya memanjang dan menjorok ke sungai, di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan.

Menurut Anies, menggeser rumah warga dilakukan untuk naturalisasi sungai di wilayah yang rawan banjir itu. “Yang terpenting itu naturalisasi aliran sungai untuk menjaga ekosistem sungai, kita geser pemukimannya, kan bentuk (rumahnya) beda-beda,” kata Anies ketika meninjau lokasi banjir di Jatipadang, Rabu (13/12/2017).

Pasalnya, lanjut Anies, keberadaan pemukiman warga yang berdiri di pinggir sungai, membuat sungai mengalami penyempitan hingga sungai tersebut menghilang. Akibatnya, ketika terjadi hujan deras, menyebabkan aliran sungai terhambat, dan meluap ke daratan.

Jatipadang Banjir, Rumah Warga di Kali Pulo Akan Dipindah

“Kita lihat betapa sungainya makin kecil dan sempit dan hilang. Istilahnya hilang jejak. Kalinya tuh hilang. Jadi, kita jalan tahu-tahuudah enggak ada kalinya, karena ditutup oleh jalan. Rumah-rumah nempel semua. Ini hulu masalahnya,” paparnya.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini akan memerintahkan jajarannya melakukan penggeseran hunian warga yang menghalangi proses naturalisasi sungai.

“Tidak mungkin tidak, karena rumahnya menutupi aliran sungai. Harus geser. Tadi saya ketemu sama warga yang persis di ujung jalan. Saya sampaikan kepada Beliau, ‘Bu, nanti saya mau minta ini digeser, supaya airnya tidak terhambat, dan dia bersedia,” tegas Anies.

“Ini menyelamatkan tetangga, bahwa tetangga sengsara terus selama setiap musim hujan. Dan ternyata di daerah itu sudah setiap tahun terjadi begitu. Tapi sudah disampaikan ke semua karena itu terjadi setiap tahun bukan berarti lalu terbiasa dan didiamkan,” tegasnya.

Penggiat Media Sosial Ade Armando

Menanggapi pernyataan Anies ini, penggiat media sosial Ade Armando mengingatkan soal bagaimana Anies saat kampanye di Pilkada DKI 2017 lalu, sangat menentang rivalnya, petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dalam hal pembongkaran pemukiman warga di bantaran sungai.

“Dulu Anies mengecam langkah Ahok membongkar rumah di bantaran kali. Sekarang Anies sudah memerintahkan pembongkaran rumah di bantaran kali di Jati Padang. Dari dulu pun, Anies tentu tahu pembongkaran rumah di bantaran kali harus dilakukan untuk kesejahteraan bersama,” tulis Ade di akun Facebooknya, dikutip NNC Jumat (15/12/2017).

Namun Dosen di Universitas Indonesia ini memaklumi, jika apa yang dilakukan Anies hari ini tak sesuai dengan saat kampanye Pilkada DKI 2017 lalu.

“Tapi dulu itu, agar menang, apapun dia lakukan. Anies memang pemimpin yang percaya bahwa tujuan menghalalkan cara. Dan dia berani melakukan itu karena dia tahu, pendukungnya juga tidak peduli dengan kejujuran dan integritasnya,” ungkap Ade.

 

(Baca juga: ANIES BAKAL GUSUR RUMAH WARGA BANTARAN KALI DI JATI PADANG)

 

Sumber Berita Anies akan Bongkar Pemukiman Warga, Ade Armando Ingat Kampanye Pilkada DKI : Netralnews.com

Mister News

Published by
Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

5 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

5 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

5 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

5 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

5 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

5 tahun ago

This website uses cookies.