Nasional

Soal Rohingya, Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia Nyatakan Sikap

Soal Rohingya, Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia Nyatakan Sikap

Perjuangan etnis Rohingya untuk diakui identitasnya di Myanmar masih urung didapatkan. Hal tersebut malah diperburuk dengan tragedi pembunuhan besar-besaran oleh tentara Myanmar yang terjadi sejak Jumat (25/8) lalu.

Kala itu, Myanmar menggelar operasi perburuan militan Rohingya untuk memberantas kelompok pemberontak ARSA (Arakan Rohingya Salvation Army/Tentara Pembebasan Rohingya Arakan). Operasi itu sebagai bentuk reaksi pemerintah Myanmar atas penyerangan ARSA terhadap pos-pos militer tentara Myanmar.

Disebut para tentara Myanmar membunuh ratusan warga Sipil di Rakhine–Negara Bagian di pantai barat Myanmar. Lebih dari lima desa Rohingya dibakar.

Dan kini, puluhan ribu warga Rohingya menyebar mencari perlindungan. Banyak dari mereka berbondong-bondong ke Bangladesh, namun tak sedikit pula yang tertahan di perbatasan dan hidup terlunta-lunta. Baik masyarakat sipil maupun militer, menjadi korban fisik dan psikis.

Pengungsi Rohingya.

Melihat eskalasi dari krisis dan konflik kekerasan yang tidak kunjung reda, Pimpinan Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia turut menyatakan sikapnya terkait warga Rohingya di Myanmar.

“Kami umat Buddha Indonesia yang menjunjung tinggi kerukunan dan perdamaian menyampaikan rasa empati atas penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita pengungsi Rohingya, dan masyarakat di Rakhine, Myanmar, untuk itu kami berdoa agar penderitaan ini segera berakhir,” tulis mereka seperti tertera dalam poin kesepuluh.

Pengungsi Rohingya

Berikut 10 poin pernyataan lengkap Pimpinan Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia

Pernyataan sikap pimpinan Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia terhadap krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar

Krisis dan kekerasan kembali terjadi di Rakhine, Myanmar. Baik masyarakat sipil maupun militer, menjadi korban secara fisik maupun psikis. Secara khusus komunitas masyarakat sipil terdampak sangat signifikan di tengah konflik bersenjata antara militer Myanmar dengan kelompok bersenjata.

Melihat eskalasi dari krisis dan konflik kekerasan yang terjadi tidak kunjung mereda dan berdampak buruk, maka dengan ini kami Pimpinan Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia menyatakan:

1. Keprihatinan mendalam atas krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar, yang telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian moril serta amateril yang besar, bukanlah konflik agama melainkan konflik sosial dan kemanusiaan.

2. Menumbuhkan solidaritas kemanusiaan atas krisis Rakhine, Myanmar, dengan mengedepankan sikap cinta kasih bahwa korban atau pun masyarakat yang terdampak adalah sama-sama manusia yang setara dan serasa di hadapan Tuhan.

3. Menghentikan kebencian dan tindak kekerasan agar tidak semakin memperparah kerusakan yang diakibatkan.

4. Mendesak Pemerintah Myanmar untuk memberikan perlindungan, bantuan dan hak asasi dasar kepada masyarakat Rakhine.

5. Menolak segala bentuk provokasi untuk memperluas dan membawa isu konflik dan krisis Rakhine, Myanmar, ke Indonesia yang dapat mengganggu kerukunan hidup umat beragama di Indonesia.

6. Mengimbau masyarakat Indonesia untuk dapat menyaring informasi yang beredar melalui media sosial, dan tidak terprovokasi untuk menyebarkan kebencian. Kami sangat mengharapkan kepada Cyber Crime Polri dan BIN agar mendeteksi informasi yang berbentuk provokasi agar tidak tersebar ke masyarakat.

7. Kami sangat mengharapkan Pemerintah Indonesia menjamin umat beragama untuk beribadah dengan tenang dan aman, serta menjamin keamanan terhadap rumah ibadah yang berada di Indonesia.

8. Sangat perlu diingat bahwa tidak ada agama yang dapat dikaitkan dengan aksi terorisme, karena aksi keji tersebut sama sekali tidak mencerminkan perilaku umat beragama. Kejadian ini harus dapat menjadi pendorong bagi bersatunya umat beragama di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

9. Kami menghimbau seluruh umat beragama, khususnya umat Buddha untuk tidak terprovokasi. Sebagai umat beragama sudah selayaknya kita bersama-sama menjaga kerukunan dan perdamaian di Indonesia serta di seluruh dunia.

10. Kami umat Buddha Indonesia yang menjunjung tinggi kerukunan dan perdamaian menyampaikan rasa empati atas penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita pengungsi Rohingya, dan masyarakat di Rakhine, Myanmar, untuk itu kami berdoa agar penderitaan ini segera berakhir.

Demikian Pernyataan Sikap kami. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan berkah nan luhur kepada seluruh umat manusia.

Semoga semua Makhluk hidup berbahagia.

Jakarta, 30 Agustus 2017

(Tanda tangan 16 Pimpinan terlampir)

Pernyataan sikap Majelis Agama Buddha Indonesia

 

Pernyataan sikap Majelis Agama Buddha Indonesia

 

Baca juga : PBNU: Konflik Rohingya Jangan Kaitkan Kebencian ke Umat Buddha

 

 

Sumber berita Soal Rohingya, Majelis-majelis Agama Buddha Indonesia Nyatakan Sikap : kumparan

 

Mister News

Recent Posts

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi

Yusril Tunggu Arahan Jokowi Pidanakan Amplop Saksi Palsu Prabowo-Sandi Kuasa hukum paslon 01 Joko Widodo…

5 tahun ago

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan?

Saksi Prabowo Diduga Berbohong, Putri Gus Mus Sebut Bisa Kena Pasal Pidana kan? Beti Kristina…

5 tahun ago

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun

Polda Jabar Tangkap Ustaz Rahmat Baequni Terkait Sebar Hoaks Petugas KPPS Diracun Ustaz Rahmat Baequni…

5 tahun ago

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi

Ahok Balas Anies Baswedan soal Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut…

5 tahun ago

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu

Hakim MK Minta Bukti DPT Invalid 17,5 Juta, Tim Prabowo-Sandi Minta Waktu Hakim Mahkamah Konstitusi…

5 tahun ago

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim

Alasan Anies Baswedan Tak Cabut Pergub Reklamasi Ahok Mesti Anggap Tak Lazim Gubernur DKI Jakarta…

5 tahun ago

This website uses cookies.