Sopir Angkot Tanah Abang Sepakat dengan Solusi Sandi, Ini kesepakatan Lengkapnya

Sopir Angkot Tanah Abang Sepakat dengan Solusi Sandi, Ini kesepakatan Lengkapnya

Sopir Angkot Tanah Abang Sepakat dengan Solusi Sandi, Ini kesepakatan Lengkapnya

Pertemuan antara perwakilan sopir angkot Tanah Abang dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menghasilkan kesepakatan terkait penataan transportasi, salah satunya soal penerapan program OK Otrip. Sopir angkot Tanah Abang pun bersyukur atas jalan keluar itu, tapi ada juga yang berharap lebih.

“Kalau jam 08.00 WIB-15.00 WIB baru dibuka (Jl Jatibaru), ya bagus. Jadi tuntutan kita dikabulkan ya, sama-sama enak kan, ada jalan tengahnya, bersyukur aja daripada enggak dibuka sama sekali, hayo?” ujar sopir angkot jurusan M08, M Sepi (30) di Jl Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Sepakat dengan Solusi Sandi, Sopir Angkot Tanah Abang Bersyukur
Foto: M Sepi, sopir angkot Tanah Abang yang bersyukur soal program OK Otrip (Wildan/detikcom)

Yono, sopir angkot lain mengatakan kurang setuju dengan jalan yang dibuka pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Ia tetap berharap Jl Jatibaru dibuka sepenuhnya. Kendati begitu, ia tetap satu suara dengan para perwakilan angkot yang datang ke Balai Kota hari ini.

“Kalau menurut saya tanggung kalau jam segitu. 3 jam itu ya enggak keberatan tapi menurut saya mending angkot 08 bisa dimasukin lagi ke Pasar Blok A, bisa naik flyover itu saja cukup. Tapi hasil pertemuan tadi juga nggak apa-apa, kita bersyukur kok,” kata Yono.

Sepakat dengan Solusi Sandi, Sopir Angkot Tanah Abang Bersyukur
Foto: Yono, sopir angkot Tanah Abang yang bersyukur soal program OK Otrip (Wildan/detikcom)

Hal senada dituturkan Asep (32), sopir angkot M08 Tanah Abang-Kota. Dia menyebut akan lebih baik jika Jl Jatibaru dibuka sepenuhnya. Selain itu, terkait OK Otrip yang disetujui para perwakilan sopir angkot Tanah Abang, dia setuju-setuju saja jika itu mengubah penghasilannya.

“Kalau OK Otrip setuju-setuju aja, kalau emang itu dari dari gubernur ya saya setuju aja. Kita kan di sini satu suara semua. Kalau itu yang terbaik untuk kita ya kita coba jalanin. Semoga aja rezeki kitanya jadi lancar kan,” katanya.

Sepakat dengan Solusi Sandi, Sopir Angkot Tanah Abang Bersyukur
Foto: Asep, sopir angkot Tanah Abang yang bersyukur soal program OK Otrip (Wildan/detikcom)

“Kalau OK Otrip kan kita harus tahu aturannya, kita mah setuju aja. Kan KTP harus DKI juga nah yang lainnya gimana itu yang enggak punya KTP DKI? Kalau saya oke-oke aja. Saya ikut perwakilan aja, kita di sini kompak,” Yono menimpali.

Hasil rapat tersebut mengeluarkan beberapa kesekapatan lainnya. Selain para sopir sepakat ikut OK Otrip, para sopir juga diizinkan untuk ngetem di depan Stasiun Tanah Abang. TransJakarta Tanah Abang Explorer juga sudah bisa melintas mulai besok.

Ini Kesepakatan Lengkap Sandi dengan Sopir Angkot Tanah Abang

Pemprov DKI Jakarta dengan sopir angkutan Tanah Abang telah sepakat soal penataan transportasi di kawasan tersebut. Ada tiga hal yang disepakati antara Pemprov DKI yang diwakili Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan para sopir angkot Tanah Abang.

“Kesepakatan pertama adalah kita dan Pemprov DKI maupun juga para perwakilan sepakat untuk setuju dan mendukung program OK Otrip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat implementasi OK Otrip,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Sepakat dengan Solusi Sandi, Sopir Angkot Tanah Abang Bersyukur
Foto: Sopir-sopir angkot Tanah Abang yang bersyukur soal program OK Otrip (Wildan/detikcom)

Kedua, Sandiaga menjelaskan selama program OK Otrip belum berjalan, operasional angkutan umum bus kecil diatur jam tertentu. Jam yang telah disepakati yakni Pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00, hanya TransJakarta yang diizinkan melintas.

Sementara untuk angkutan umum, boleh melintas pukul 15.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB. Angkutan yang diizinkan melintas yakni JP03, JP03A, M08, dan M10.

Selain itu, Pemprov DKI juga menyepakati modal kerja yang akan ditanggung oleh pemilik kendaraan atau koperasi. Namun hal itu masih akan dibahas dan dikaji oleh Dinas Perhubungan.

“Ketiga kita juga sepakat bahwa modal kerja yang akan ditanggung oleh pemilik kendaraan atau koperasi akan dibahas segera sehingga niat kita kembalinya kesejahteraan dan peningkatan pendapatan dan penghasilan daripada teman-teman JP03, JP03A, M08 dan M10 itu kembali normal dan kita kembalikan rasa keadilan,” jelasnya.

“Karena teman-teman ini menyatakan bahwa pedagang kecil sekarang sudah diberikan ruang. Dengan kesepakatan ini, kita kembalikan keadilan untuk para supir angkot dan pengusaha penyelenggara angkutan umum,” lanjut Sandi.

 

(Baca juga: HITUNG-HITUNGAN SOPIR ANGKOT APABILA TRAYEK RAMAI RUGI IKUT OK OTRIP ANIES-SANDI)

 

Sumber Berita Sopir Angkot Tanah Abang Sepakat dengan Solusi Sandi, Ini kesepakatan Lengkapnya : Detik.com, Detik.com