BEM UI Sebut Aksi Kartu Kuning Menolak Kedatangan Jokowi Belum Ada Izin Kampus

BEM UI Sebut Aksi Kartu Kuning Menolak Kedatangan Jokowi Belum Ada Izin Kampus

BEM UI Sebut Aksi Kartu Kuning Menolak Kedatangan Jokowi Belum Ada Izin Kampus

Pihak BEM UI menjelaskan aksi ‘kartu kuning’ untuk menolak kedatangan Presiden Joko Widodo belum mengajukan izin kepada pihak universitas. BEM mengatakan hal itu lantaran setiap aksi yang dilakukan memang tidak pernah memberikan surat.

Aksi yang dimaksud yakni yang dilakukan di Stasiun UI. BEM UI mengatakan belum ada surat izin yang diberi ke pihak kampus.

“Tidak pernah ngasih surat kalau di sana (Stasiun UI). Karena memang itu sudah biasa jadi tempat untuk aksi, dan setiap mau aksi tidak pernah pakai surat,” kata Kadept Kastrag BEM UI, Alfian Tegar Perkasa, di gedung Pusgiwa UI, Depok, Jumat (2/2/2018).

Ia menyebut, stasiun sebagai ruang publik yang dapat digunakan untuk mengeluarkan aspirasi. Ia menjelaskan awalnya aksi tersebut ingin dilakukan secara damai.

Anggota pengamanan pun memeriksa atribut yang dibawa seperti poster dan spanduk. Setelah diperiksa poster tersebut tidak ada kalimat provokatif.

Akan tetapi aksi tersebut hanya berlangsung singkat lantaran personel pengamanan membubarkannya. Ia menyebut aksi tersebut tidak menutup jalan hanya dipinggir jalan.

“Aksi kami berada di pinggir jalan. Aksi damai. Simbolis ketika Jokowi lewat Stasiun UI kami menyampaikan pesan tersebut tapi kronologisnya ketika kami membuka spanduk yang isinya tuntutan kami istilahnya langsug dikepung, dihadang aparat yang ada,” ucap Alfian.

Ia mengatakan awalnya sempat terjadi gesekan hingga akhitnya Alfian turut diamankan. Namun setelah berdialog akhirnya dia juga dibebaskan seperti Ketua BEM UI Zaadit Taqwa.

“Ada sedikit bejibaku dan spanduknya diamankan. Kita coba berdialog dengan pihak pos keamanan di tempat lalu sempat dibawa ke kantor keamanan,” kata Alfian.

Secara terpisah, Direktur Kemahasiswaan UI Arman Nefi menyebut awalnya pihak kampus memberikan fasilitas agar kedua pihak bertemu. Ia juga meminta agar tidak ada aksi terkait kedatangan Jokowi.

“Kami tegaskan tidak boleh di dalam dan di luar kampus. Intinya, Pak Presiden ini kita undang secara resmi untuk bertamu, kalau tamu tentu harus kita perlakukan dengan baik bukannya di demo itu kan nggak bagus,” kata Arman.

Simak videonya dibawah ini:

 

(Baca juga: BEREDAR BROSUR TOLAK JOKOWI, ILUNI UI: JANGAN TERPROVOKASI, JADILAH TUAN RUMAH YANG BAIK!)

(Baca juga: KETUA BEM ACUNGKAN KARTU KUNING KE JOKOWI DINILAI TAK TAHU ATURAN)

 

Sumber Berita BEM UI Sebut Aksi Kartu Kuning Menolak Kedatangan Jokowi Belum Ada Izin Kampus : Detik.com