Yasonna Ingin Pindahkan Napi Sel Mewah ke Nusakambangan

Yasonna Ingin Pindahkan Napi Sel Mewah ke Nusakambangan

Yasonna Ingin Pindahkan Napi Sel Mewah ke Nusakambangan

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly berencana memindahkan narapidana narkotik penghuni sel mewah di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Hariyanto Chandra, ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

“(Hariyanto) Chandra akan saya pindahkan ke Nusakambangan. Tapi sekarang kan masih di bawah Badan Narkotika Nasional (BNN),” kata Yasonna usai buka bersama dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/6).

Yasonna Ingin Pindahkan Napi Sel Mewah ke Nusakambangan
Menkumham Yasonna Laoly (Putih) ingin memindahkan napi narkotik yang mendapat fasilitas mewah di Cipinang, Haryanto Chandra, ke Nusakambangan

Yasonna menjelaskan, temuan petugas gabungan BNN dan Kemkumham tidak semewah yang diberitakan. Seperti soal wifi yang disebutnya hanya merupakan modem biasa.

“Jangan seolah-olah dia punya wifi apa itu yang gede. Kesannya seperti itu. Dia punya modem, bahkan dengan HP saja bisa tethering pakai wifi,” ujarnya.

Menindaklanjuti hasil temuan sel mewah yang diduga digunakan Hariyanto untuk mengendalikan jual beli narkotik dari dalam lapas, Yasonna juga berencana menyurati BNN untuk meminta daftar nama jaringan narkotik yang mendekam di lapas seluruh Indonesia.

Image result for Yasonna
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly

Hal itu dilakukan untuk memindahkan mereka itu ke Lapas Nusakambangan yang memiliki peralatan lengkap dan pengamanan ketat.

“Di situ ada polisi, BNN dan semua pihak jadi untuk mengurangi apa yang dikatakan potensi jaringan itu. Karena kami enggak punya alat. Kami enggak tahu seperti apa bahwa mereka memainkan,” katanya.

Meski demikian, Yasonna berkata, pihaknya masih menunggu peralatan canggih yang dapat mendeteksi peredaran narkotik dipasang di Lapas Nusakambangan.

Image result for Haryanto Chandra narapidana cipinang
BNN ungkap TPPU Jaringan Narkoba dengan Total Aset 39, 6 Miliar

Yasonna pun memastikan akan mengambil tindakan tegas dengan melaporkan petugas lapas yang kedapatan menerima suap dalam kasus apapun ke kepolisian.

“Saya sudah katakan enggak ada kompromi lagi, langsung main keras,” katanya.

Image result for Haryanto Chandra narapidana cipinang
Haryanto Chandra alias Gombak merupakan narapidana Lapas Cipinang kelas IA yang telah divonis penjara selama 14 tahun.

Penemuan kamar mewah dalam lapas ini bermula dari penggeledahan tim penyidik BNN pada 31 Mei lalu. Saat menggeledah sel tahanan anak buah Fredi Budiman yakni Hariyanto Chandra alias Gombak di Lapas Kelas IA Cipinang, Jakarta Timur.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jendral Budi Waseso meminta agar Kemkumham harus mengevaluasi soal sel tahanan narapidana narkotik dengan fasilitas mewah.

BNN menemukan sel tahanan Haryanto dilengakapi fasilitas mewah, bahkan dia bisa melakukan transaksi narkotika dengan pihak luar hingga mengkonsumsi sendiri dari LP.

 

Sumber Berita Yasonna Ingin Pindahkan Napi Sel Mewah ke Nusakambangan : Cnnindonesia.com