Aiptu M Galingging yang Tewas oleh Serangan Teroris Dinaikkan Pangkat

Aiptu M Galingging yang Tewas oleh Serangan Teroris Dinaikkan Pangkat

Aiptu M Galingging yang Tewas oleh Serangan Teroris Dinaikkan Pangkat

Dugaan penyerang Markas Polda Sumatera Utara adalah anggota ISIS semakin menguat. Berdasarkan hasil pemeriksaan, salah satu pelaku Syawaludin Pakpahan pernah tinggal di Suriah.

Menurut Rycko, dalam pemeriksaan di pos jaga Mapolda Sumut yang diserang, pihaknya menemukan dua pisau dapur yang masih baru. Satu pisau didapatkan dari tangan pelaku yang tewas ditembak, sedangkan satu lagi di tangan pelaku lain yang ditembak.

Selain itu, polisi juga menemukan linggis, minyak bensin, dan korek api yang digunakan untuk membakar pos jaga di pintu keluar Mapolda Sumut tersebut.
Personel Brimob berjaga di dekat Mapolda Sumut
Personel Brimob berjaga di dekat Mapolda Sumut.

Pihak kepolisian menemukan kasur di pos penjagaan tersebut sempat terbakar, termasuk pintu pos jaganya yang melengkung karena terbuat dari plastik.

“Kejadian ini membuktikan ancaman terorisme itu ada,” katanya.

Belakangan ini, kata Kapolda, aparat kepolisian telah menjadi target utama aksi terorisme sebagaimana yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Pihaknya sedang mengembangkam kasus tersebut dengan dukungan Detasemen Khusus Antiteror dan tim dari Mabes Polri.

Sebelumnya, pada Minggu dinihari sekitar pukul 03.00 WIB, dua orang menyerang personel Yanma Polda Sumut Aiptu Martua Sigalinggung yang bertugas di pos jaga pintu keluar Mapolda Sumut.

Akibat penyerangan tersebut, Aiptu Martua Sigalingging meninggal dunia karena mengalami luka yang cukup parah di dada, tangan, dan lehernya.

Namun kedua pelaku berhasil dilumpuhkan personel Satuan Brimob yang berjaga di pintu masuk Mapolda Sumut. Seorang pelaku tewas, dan seorang luka tertembak.

Personel Brimob berjaga di dekat Mapolda Sumut
Personel Brimob berjaga di dekat Mapolda Sumut.

Duka melanda Polda Sumatera Utara (Sumut). Salah satu personel mereka, Aiptu M Galingging tewas karena serangan teroris pagi tadi pukul 03.00 WIB.

Saat itu, Minggu (25/6), Sigalingging tengah berjaga di Mapolda Sumut di pintu 3 penjagaan. Dua teroris menyerang dengan lompat pagar lalu menusuk korban dengan pisau.

Kedua pelaku berhasil dilumpuhkan oleh personel Brimob Polda Sumut dan salah satu pelaku meninggal dunia karena luka tembakan sedangkan satu pelaku lagi berhasil dilumpuhkan hidup-hidup.

Dalam keterangan Polda Sumut lewat akun instagram @poldasumaterautara,

Saat ini, proses penyelidikan terus dilakukan.

Polda Sumut juga kemudian menaikkan pangkat Aiptu M. Galingging.

https://www.instagram.com/p/BVwkpfRAtAm/

https://www.instagram.com/p/BVwwmf_gDnn/?taken-by=poldasumaterautara

“Beliau diberi penghargaan kenaikan pangkat setingkat menjadi Ipda Anumerta M. Galingging,” demikian keterangan Polda Sumut.

Polda Sumut juga mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum.

“Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan di tempatkan di tempat yang sebaik-baiknya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan,” demikian penjelasan Polda Sumut.

 

Sumber Berita Aiptu M Galingging yang Tewas oleh Serangan Teroris Dinaikkan Pangkat : Kumparan.com