Fadli Zon Minta KPK Tak Larang Miryam ke DPR soal Teken Surat Pansus

Fadli Zon Minta KPK Tak Larang Miryam ke DPR soal Teken Surat Pansus

Fadli Zon Minta KPK Tak Larang Miryam ke DPR soal Teken Surat Pansus

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menandatangani surat Pansus Hak Angket untuk KPK, yang meminta agar tersangka korupsi e-KTP Miryam S. Haryani dihadirkan ke DPR. Fadli menyebut hal ini legal dan KPK mestinya mengamini.

“Ya memang saya sebagai pimpinan DPR yang membidangi Korpolkam meneruskan surat dari Pansus Angket KPK untuk meminta kehadiran Miryam, untuk diklarifikasi terkait isu-isu yang diharapkan dapat diselidiki oleh pansus,” ucap Fadli Zon usai buka puasa di DPP Gerindra, Jakarta, Jumat (16/6).

Fadli Zon
Wakil Ketua DPR Fadli Zon

“Jadi saya tanda tangani pada waktu itu sesuai dengan permintaan dari pansus,” imbuhnya.

Fadli mengatakan pimpinan KPK harus punya alasan logis sesuai aturan, jika tak mengizinkan Miryam yang kini ditahan datang ke DPR. Fadli menegaskan dia tak mengintervensi proses penyelidikan kasus e-KTP di KTP.

“Kita ini bekerja aturan mainnya konstitusi dan UU, tidak boleh keluar dari konstitusi dan UU. Ini bukan persoalan ego sektoral dan sebagainya, selama itu dalam koridor konstitusi dan UU, harus saling menghargai itu karena kalau tidak nanti anarkis,” terang politikus Gerindra itu.

Pansus Angket KPK
Pansus Angket KPK

“Jadi apa masalahnya kan kalau untuk dihadirkan mestinya tidak masalah, untuk dikonfirmasi misalnya ada surat (pernyataan Miryam ke pansus) tersebut, benar enggak suratnya dan sebagainya. Saya kira itu enggak termasuk materi perkara lah,” tegasnya.

Soal saran KPK agar Pansus mendengarkan keterangan Miryam di persidangan saja, Fadli menegaskan bahwa masalah politik berbeda dengan hukum. DPR punya kewenangan penyelidikan dugaan pelanggaran UU oleh KPK, yang diatur dalam UU MD3.

Miryam di sidang e-KTP
Miryam terlihat sedang mengusap air mata

“Ya nanti kita tanyakan lagi kepada pansus. Pansus ini kan diberikan otoritas untuk melakukan penyelidikan sebagai hak melekat bagi DPR. Saya kira enggak ada yang harus dikhawatirkan, tidak harus ada yang dikhawatirkan,” terang Fadli.

“Menurut saya mestinya selama itu masuk akal, rasional, tidak ada masalah untuk mendengarkan keterangan, klarifikasi sejumlah hal,” tegasnya.

 

Sumber Berita Fadli Zon Minta KPK Tak Larang Miryam ke DPR soal Teken Surat Pansus : Kumparan.com